Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

11 Tempat Wisata Alam Karanganyar Ini Jangan Sampai Terlewatkan

Tempat wisata alam karanganyar kebun teh kemuning
Kebun teh Kemuning, Kec. Ngargoyoso

Jika Anda berkunjung ke Kota Solo, tentu akan rugi jika tidak sekalian berkunjung ke beberapa tempat wisata alam Karanganyar. Tempat wisata di wilayah Kabupaten Karanganyar ini bisa dibilang cukup banyak, tak hanya wisata alamnya saja, namun juga wisata sejarahnya, wisata ziarah, wisata kuliner dan berbagai event seni budaya tradisi lainnya.

Kabupaten Karanganyar yang terletak di sebelah timur Kota Solo, memiliki banyak tempat wisata alam yang layak untuk dikunjungi. Akses menuju tempat-tempat wisata ini juga tergolong cukup mudah, karena infrastruktur yang ada telah dibangun dengan baik sebagai sarana penunjang destinasi wisata di Kabupaten Karanganyar.

1. Air Terjun Gorojogan Sewu

Tempat wisata alam karanganyar Air Terjun Gorojogan Sewu
Air Terjun Gorojogan Sewu (foto : wikipedia.org)

Wisata alam Air Terjun Grojogan Sewu merupakan salah satu tempat wisata yang terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 81 meteri, udara di sekitarnya sangat sejuk karena masih dikelilingi pepohonan besar yang berumur puluhan bahkan ratusan tahun.

Memang wisata air terjun Grojogan Sewu ini termasuk dalam konsep ekowisata, yaitu wisata yang mengandalkan keindahan dan keaslian alam. Di sekitar air terjun juga masih banyak berkeliaran monyet liar sehingga suasana alam benar-benar dapat dirasakan.

Jika Anda berkunjung ke tempat ini, bukan hanya wisata alam saja yang bisa dinikmati. Anda juga bisa menikmati berbagai makanan khas seperti sate kelinci maupun sate ayam, juga beberapa permainan untuk anak, wisata belanja sayur-sayuran dan buah khas pegunungan. Selain itu Anda juga bisa berkeliling naik kuda di sekitar tempat ini.

Akses menuju Grojokan Sewu juga cukup mudah, tempat ini dapat dijangkau dengan mengendarai motor roda dua maupun mobil. Tak jauh dari Grojokan sewu juga terdapat beberapa obyek wisata alam lain di Kabupaten Karanganyar.

2. Air Terjun Jumog

Tempat wisata alam karanganyar Air Terjun jumog
Air Terjun jumog (foto : karanganyarkab.go.id)

Air Terjun Jumog menjadi salah satu destinasi wisata alam Karanganyar yang cukup baru, tempat ini dibuka untuk umum sejak tahun 2004 lalu, terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Meski tempat ini belum sepopuler Air Terjun Grojokan Sewu, namun keindahan khas wisata alam masih sangat terasa di tempat ini.

Air terjun Jumog memiliki debit air yang tidak terlalu deras sebagaimana di Grojokan Sewu, justru karena itulah para pengunjung bisa bermain dibawah air terjun dengan aman sambil menikmati guyuran dinginnya air pegunungan.

Hingga saat ini obyek wisata alam Air Terjun Jumog masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat. Harga tiket untuk masuk di area ini juga murah, fasilitas cukup lengkap, dan terdapat area bermain dan kolam renang untuk anak-anak.

Akses menuju lokasi wisata alam Air Terjun Jumog juga cukup mudah. Jika Anda berangkat dari Kota Solo bisa meluncur ke arah Tawangmangu. Sebelum sampai Tawangmangu, di pertigaan selepas Pasar Karangpandan Anda bisa mengambil jalur ke kiri menuju Kecamatan Ngargoyoso. Pada ujung jalan masuk tersebut akan terlihat penunjuk jalan dan gapura yang menginformaskan tentang obyek wisata alam Air Terjun Jumog.

3. Air Terjun Pringgodani

tempat wisata alam karanganyar Air Terjun Pringgodani
Air Terjun Pringgodani (foto : karanganyarkab.go.id)

Bagi Anda yang menyukai tantangan, mengunjungi Air Terjun Pringgodani bisa menjadi satu pengalaman yang menyenangkan. Untuk menjangkau lokasi ini memang tergolong sulit, pengunjung harus mau berjalan kaki melewati jalan setapak naik turun di pinggir tebing yang curam dengan jarak sekitar 1 km dari jalan raya. Tempat wisata alam Air Terjun Pringgondani ini tidak bisa di jangkau dengan kendaraan, terletak di Desa Blumbang, 4 km dari terminal bus Tawangmangu.

Meski medannya tergolong sulit, namu tempat ini masih sangat alami. Di tempat ini menawarkan keindahan air terjun 2 tingkat dengan ketinggian lebih dari 100 meter. Air Terjun Pringgondani ini jauh lebih tinggi dari pada Air Terjun Grojogan Sewu yang lebih dulu dikenal.

Selain air terjun Pringgondani, disekitar wilayah ini juga terdapat sebuah obyek wisata sejarah/Religi berupa pertapan berbentuk rumah joglo yang dijadikan sebagai tempat persembahyangan bagi penganut aliran kepercayaan. Tempat sakral ini dipercaya sebagai petilasan Eyang Cokronegoro, disebelahnya terdapat mata air bernama sendang pengantin yang terdiri dari tujuh kucuran air dari lereng bukit. Sendang itu sendiri berada di atas air terjun, dan tempat inilah yang biasa dikunjungi.

Hingga saat ini keberadaan Pertapan Pringgodani dan air terjunnya masih belum dikelola secara maksimal mengingat lokasinya yang jauh dari jalan raya dan kondisi medannya yang berat.

4. Air Terjun Parang Ijo

Tempat wisata alam karanganyar  Air Terjun Parang Ijo sukuhcom
Air Terjun Parang Ijo (foto: sukuh.com)

Obyek wisata alam Air Terjun Parang Ijo merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Karanganyar yang digadang-gadang akan menjadi destinasi wisata andalan. Daerah wisata Parang Ijo ini terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso.

Keindahan dan pesona wisata yang berada di daerah perkebunan dan pertanian di lereng Gunung lawu ini hingga saat ini masih menarik para wisatawan. Tidak jauh dari tempat ini juga terdapat kompleks candi cetho di Kecamatan Ngargoyoso.

Berbagai fasilitas dan sarana akomodasi dibangun di tempat ini, beberpa sarana-prasarana wisata yang telah ada diantaranya adalah Gardu Pandang, area taman bermain, kolam renang dan juga warung penjaja makanan.

5. Wisata Alam Gunung Lawu

tempat wisata alam karanganyar gunung-lawu penabirucom
Gunung Lawu (foto : penabiru.com)

Gunung Lawu merupakan salah satu gunung yang memiliki ketinggian 3.265 mdpl, terletak di dua provinsi sekaligus, yakni Jawa Tengah dan Jawa Timur. Di Gunung ini menawarkan pemandangan yang eksotis sehingga banyak diminati oleh para pendaki gunung.

Sejak jaman Prabu Brawijaya V hingga kerajaan Mataram Islam, banyak upacara spiritual diselenggarakan di Gunung ini. Hingga saat ini pun Gunung Lawu masih mempunyai “ikatan erat” dengan Keraton Surakarta dan Yogyakarta. Para kerabat Keraton masih sering berkunjung ke puncak Gunung Lawu untuk melestarikan ritual tradisinya.

DI puncak Gunung Lawu atau yang dikenal sebagai puncak Argodumilah, terdapat sebuah bangunan bernama Hargo Dalem yang biasa digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan spiritual. Di sekitar Hargo Dalem ini terdapat beberapa bangunan yang digunakan untuk bermalam dan berlindung dari hujan dan angin. Bahkan uniknya, di puncak Gunung Lawu terdapat warung makan yang sangat membantu bagi pendaki yang kelelahan, lapar, dan kedinginan.

Di puncak Argodumilah bila tanpa awan, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang luar biasa indahnya. Andapun dapat melihat pantulan matahari di Samudera Indonesia, bahkan sangat jelas terlihat kota Wonogiri di sisi sebelah selatan dan juga kota-kota di Jawa Timur.

6. Sumber Mata Air Sapta Tirta

Tempat wisata alam karanganyar Sapta Tirta Karanganyar timlonet
Mata Air Sapta Tirta (Foto : timlo.net)

Lokasi sumber mata air Sapta Tirta ini berada di Desa Pablengan, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, tepatnya di jalan raya yang menghubungkan Karangpandan dan Astana Mangadeg Girilayu. Jarak Sapta Tirta dengan Kota Karanganyar, sekitar 20 km.

Obyek wisata alam Sapta Tirta bisa dibilang merupakan salah satu keajaiban alam di bumi Indonesia. Di area seluas 2 hektar ini, terdapat tujuh mata air yang mengeluarkan air dengan kandungan mineral yang berbeda antara satu sama lain. Bahkan masyarakat sekitar percaya bahwa ketujuh sumber mata air tersebut juga memiliki petuah yang berbeda.

1. Sumber Air Bleng. Airnya terasa asin. Biasanya orang mengambil air di sumber ini untuk membuat karak, atau krupuk yang bahan bakunya terbuat dari nasi. Sumber air bleng ini tidak pernah kering, sejak jaman dulu sampai sekarang.

2. Sumber Air Hangat. Biasanya air dari sumber ini digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit dan mengobati rematik.

3. Sumber Air Kasekten. Air dari sumber ini dipercaya bisa menambah kekuatan, kesehatan, atau untuk mensucikan jiwa raga. Kata kasekten sendiri berasal dari kata sakti.

4. Sumber Air Hidup. Bagi yang percaya, air hidup ini bisa membuat wajah tampak awet muda. Beberapa masyarakat yang datang biasanya ada pula yang mengambil air ini untuk bagian dari upacara pernikahan.

5. Sumber Air Mati. Merupakan salah satu sumber air yang dilarang keras untuk digunakan. Air yang berasal dari sumber ini mengandung mineral yang berbahaya jika diminum. Sumber Air Mati ini sejak dulu hingga kini tidak pernah bertambah ataupun berkurang.

6. Sumber Air Soda. Jika air dari sumber ini diminum, rasa seperti soda. Menurut banyak cerita,  air soda yang berasal dari Sapta Tirta ini bisa digunakan untuk obat berbagai penyakit dalam, seperti sakit ginjal, lever, gula, juga TBC.

7. Sumber Air Urus-urus. Air dari sumber ini dipercaya dapat digunakan untuk cuci perut atau memperlancar buang air besar.

Hingga saat ini, obyek wisata Sapta Tirta terus dikembangkan, beberapa fasilitas ditambah seperti dibuatnya panggung terbuka dan flyng fox. Panggung terbuka ini biasanya digunakan untuk pagelaran wayang kulit, pertunjukan tari, dan berbagai event seni tradisi lainnya. Pengunjung paling ramai biasanya datang pada saat malam 1 Suro (1 Muharam). Pengunjung tidak hanya dari Pulau Jawa, tetapi juga ada yang datang dari luar Jawa.

7. Kebun Teh Kemuning

Tempat wisata alam karanganyar Kebun Teh Kemuning
Kebun Teh Kemuning (foto : karanganyarkab.go.id)

Bagi Anda yang ingin menikmati udara sejuk dan pemandangan pegunungan yang luas, perkebunan Teh Kemuning bisa menjadi pilihan tepat untuk berwisata. Di tempat ini suhu udara rata-rata 21,5 derajat celcius. Di hamparan hijau perkebunan teh ini, Anda juga bisa berjalan-jalan menjelajahi perkebunan sambil mampir di beberapa warung tenda yang menyediakan berbagai macam hidangan penghangat tubuh.

Kawasan kebun teh Kemuning ini berada di antara Candi Sukuh dan Candi Cetho, Candi Palanggatan dan Menggung, tepatnya di kawasan kecamatan Ngargoyoso. Untuk menuju tempat ini juga tidak sulit, Anda dapat menggunakan kendaraan roda dua, mobil, ataupun memakai jasa angkutan umum yang ada.

8. Telaga Madirdo

Tempat wisata alam karanganyar Telaga Madirdo
Telaga Madirdo (foto : karanganyarkab.go.id)

Salah satu tempat wisata alam Karanganyar yang masih tersembunyi dan belum banyak dijamah orang adalah Telaga Madirdo. Danau kecil yang terletak di Dusun Tlogo, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar ini hingga sekarang masih menjadi tumpuan kehidupan warga.  Selain untuk keperluan mandi, air telaga juga dimanfaatkan penduduk untuk budidaya ikan, dan irigasi. Air yang mengalir di Telaga Madirdo ini bersumber dari mata air di lereng Gunung Lawu.

Berbagai fasilitas wisata yang ada di Telaga Madirdo saat ini, semua masih tampak sederhana, karena memang murni hasil swadaya masyarakat setempat. Beberpa fasilitas yang ada saat ini diantaranya adalah pancuran untuk mandi, tempat parkir, kamar mandi, WC umum, dan homestay.

TelagaMadirdo  ini termasuk dalam jalur Golden Tracking Sukuh-Grojogan Sewu. Keberadaanya sangat dekat dengan obyek-obyek wisata seperti situs Watu Bonang, Situs Planggatan, Candi Sukuh dan Grojogan Sewu. Untuk mencapai tempat ini juga cukup mudah, bisa melalui pintu gerbang arah Candi Sukuh dan Candi Cetho (jarak 7km) atau bisa juga melalui Desa Karang, yang berada pada kilometer 34 jalan raya Solo-Tawangmangu.

9. Bumi Perkemahan Sekipan

Tempat wisata alam karanganyar Sekipan karanganyar
Bumi Perkemhan Sekipan karanganyar (foto : kompasiana.com/dhave)

Bumi perkemahan Sekipan ini merupakan tempat wisata alam Karanganyar yang terletak di Dukuh Sekarjinggo, Desa Kalisoro. Pada awalnya nama Sekipan ini bernama Sekar Jinggo, yang berarti “bunga yang berwarna jingga”. Menurut cerita masyarakat setempat, pada jaman dahulu daerah ini merupakan tempat rekreasi dan berburu para Pangeran-pangeran dari Kraton Kasunanan Surakarta dan Keluarga Mangkunegaran.

Selain dimanfatkan sebagai Camping Ground, Sekipan juga digunakan sebagai ajang penelitian berbagai jenis tanaman hutan dan pendidikan alam.  Banyak pengunjung yang memanfaatkan tempat ini untuk kegiatan outbond training, orientasi pengakraban mahasiswa baru, kegiatan Pramuka dan tracking.

10. Goa Tlorong

Wisata alam Goa Tlorong terletak di desa Lempong Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar. Salah satu goa yang masih tergolong alami ini memiliki ukuran mulut goa sekitar 2m x 1,5m. Goa Tlorong memiliki daya tarik lingkungan alam yang indah serta hawa sejuk dengan latar belakang Gunung Kembar, sehingga cukup berpotensi untuk dijadikan sebuah objek wisata.

Untuk mencapai lokasi objek wisata Goa Tlorong bisa ditempuh dengan kendaraan umum atau angkudes dari Kota Karanganyar.

11. Wana Wisata Gunung Bromo

Tempat wisata alam karanganyar  wana wisata gunung bromo nyetretcom
Wana Wisata Gunung Bromo (foto: nyetret.com)

Wana Wisata Gunung Bromo merupakan salah satu tempat wisata alam Karanganyar yang terletak sekitar 5 km di sebelah utara Kota Karanganyar. Kawasan hutan penelitian ini ditumbuhi berbagai jenis pohon, termasuk pohon-pohon langka, seperti Cendana.

Hal yang paling menarik dari hutan Gunung Bromo adalah dalam kawasan ini terdapat sejenis pohon langka dan ajaib, yaitu sejenis pohon kayu jati yang tumbuh dikelilingi oleh pohon- pohon beringin yang dikenal dengan nama “Jati Kurung’”.

Tepat dibawah “Jati Kurung” ini terdapat sebuah petilasan yang konon merupakan petilasan “Nyai Ageng Serang” (istri dari P Diponegoro) sewaktu mengungsi pada masa penjajahan Belanda. Karena adanya petilasan ini, pada hari-hari tertentu banyak dikunjungi oleh para peziarah.

Beberpa fasilitas yang ada di Wana Wisata Gunung Bromo ini antara lain adanya Panggung terbuka, shelter/gubug wisata, arena bermain anak-anak, mushola, gardu pandang, dan lain-lain. Pada hari libur banyak digunakan sebagai ajang bersantai keluarga menikmati udara sejuk sambil menikmati pemandangan waduk delingan yang berada tidak jauh dari area hutan.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*