Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

7 Tempat Belanja Batik di Kota Solo

Tempat Belanja Batik
Pasar Klewer sebagai salah satu pusat belanja batik di Solo

Berkunjung ke Kota Solo tidaklah lengkap jika tidak belanja batik untuk buah tangan keluarga. Sebagai salah satu kota yang menjadi sentra industri batik, Solo memiliki banyak tempat untuk berbelanja batik, baik yang berupa busana baju, kebaya, baju anak, gamis hingga mukena bermotif batik. Berikut ini kami sajikan 7 tempat belanja batik di Kota Solo, yakni :

1. Pasar Klewer

Pasar klewer merupakan pasar tradisional di Kota Solo yang menjadi salah satu pusat perbelanjaan busana terbesar di Solo. Harga batik yang murah menjadikan pasar yang beralamat di Jl. Dr. Rajiman ini sebagai tujuan utama para wisatawan maupun reseller baju batik dari berbagai kota di Indonesia. (Baca selengkapnya: Pasar Klewer, Pusat Perdagangan Busana Terbesar di Solo)

2. Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan menjadi ikon wisata heritage dan batik di Kota Solo. Banyak perajin batik yang lahir dan besar di kampung ini, maka tak heran apabila Laweyan menjadi salah satu sentra industi batik sekaligus destinasi wisata batik di Solo. (Baca Selengkapnya : Menelusuri Lorong Kampung Batik Laweyan)

3. Kampung Batik Kauman

Kauman merupakan kawasan perkampungan yang berada sangat dekat dengan Keraton Kasunanan Surakarta. Sebagai kampung wisata batik, para warga di Kampung Batik Kauman banyak yang membuat usaha produksi dan penjualan batik secara eceran maupun grosir. Ciri khas dari karya batik Kampung Batik Kauman adalah warna yang cemderung lebih gelap seperti coklat kehitaman dan bermotif lebih modern. Di kampung ini terdapat sebuah komunitas bernama Paguyuban Batik Kauman yang beralamat di di Jl Cakra No 14 Kauman, Solo. Paguyuban ini memiliki tiga showroom yang difungsikan untuk memproduksi, promosi dan berjualan batik.

4. House of Danar Hadi

House of Danar Hadi adalah sebuah kompleks wisata heritage terpadu tentang batik yang didirikan oleh perusahaan batik asal Solo PT Batik Danar Hadi pada tahun 2008. Selain berupa museum batik yang berisi berbagai koleksi batik dunia, di tempat ini juga terdapat gerai batik yang khusus menjual aneka macam produk batik. Jika ingin belanja batik di tempat ini, harga batik di House of Danar Hadi dibanderol dari harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. (baca juga : Museum Danarhadi, Menjaga Batik Indonesia)

5. Pusat Grosir Solo

Pusat Grosir Solo atau yang sering disebut PGS, merupakan pusat perbelanjaan di Kota Solo yang khusus menjual aneka produk tekstil seperti pakaian jadi termasuk busana batik. Untuk belanja batik, para pengunjung dapat langsung menuju lantai basement PGS yang berisi aneka barang dagangan berupa pakaian batik, kaus, maupun kerudung. Jika dilantai dasar belum menemukan selera, para pengunjung dapat melanjutkan berburu batik ke lantai satu yang masih banyak terdapat stand penjualan batik. Banyak kioe maupun stan di PGS yang melayani penjualan batik secara grosir maupun eceran. Jam  di PGS dimulai pada pukul 09.30 hingga pukul 17.00 WIB.

6. Beteng Trade Center

Beteng Trade Center (BTC) merupakan pusat perbelanjaan kain yang letaknya bersebelahan dengan Pusat Grosir Solo.  Di bangunan tiga lantai ini para pengunjung dapat menemukan para pedagang batik di lantai dasar BTC. Setiap stan yang ada ini di BTC biasanya melayani penjualan grosir maupun eceran, para pengunjung juga dapat menawar dari harga yang telah dibanderol, bahkan jika belanja batik dengan jumlah banyak biasanya juga ada potongan harga. Beteng Trade Center (BTC)  buka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

7. Lumbung Batik

Lumbung Batik merupakan tempat belanja batik terbaru di Kota Solo yang terletak di dekat Kampung Batik Laweyan, tepatnya di Jl. Agus Salim 17 Kelurahan Sondakan, Kecamatan Laweyan, Solo. Di area ini terdapat 40-han gerai batik yang menjual beraneka ragam produk batik. Lumbung Batik ini didirikan pada tahun 2010 oleh Koperasi Pamong Pengusaha Batik Surakarta (PPBS), diresmikan oleh Joko Widodo yang saat itu masih menjabat Wali Kota Surakarta.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*