Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

Agenda Acara Balai Soedjatmoko – Januari 2015



Balai-Soedjatmoko-Solo
Salah satu acara diskusi di Balai Soedjatmoko

Mengawali tahun 2015 ini Balai Soedjatmoko yang terletak di Jl Slamet Riyadi Solo akan menyelenggarakan beberapa acara  diantaranya Keroncong Bale, Bedah Buku, Wayang Gendut-Wayang Keroncong dan Klenengan Selasa Legen.

Keroncong Bale
OK Bali Nada, Solo
Hari Tanggal : Jumat, 16 Januari 2015, pkl 19.30

Bedah Buku
Mr Sartono, Pejuang Demokrasi dan Bapak Parlemen Indonesia
Karya RM Daradjadi
Hari Tanggal : Rabu, 21 Januari 2015, pkl 10.00

Mr. Sartono seorang ahli hukum pribumi yang pada 1930 jadi pembela Bung Karno saat diadili di pengadilan kolonial di Bandung. Persis 30 tahun kemudian, dia  berbeda pendapat dengan  Bung Karno dan memilih mengundurkan diri sebagai anggota DPR ketika presiden pertama RI itu membubarkan DPR hasil Pemilu 1960 dan menggantinya dengan DPR-GR.

Saat belajar di Belanda, Sartono atau Meester (Mr) Sartono teman seperjuangan Bung Hatta di Perhimpunan Indonesia (PI). Kembali ke Tanah Air, ia bergabung dengan Bung Karno dalam Partai Nasional Indonesia (PNI). Sartono selalu dekat dengan dunia parlemen dan legislasi.

Ia pimpinan Gabungan Politik Indonesia (GAPI), Majelis Rakyat Indonesia (MRI), dan kemudian menjadi salah seorang perancang UUD 1945. Selanjutnya, ia masuk dalam jajaran Badan Pekerja Komite Nasional Pusat (BPKNP), badan legislatif sementara di zaman perang kemerdekaan. Setelah penyerahan kedaulatan, Sartono menjadi Ketua DPR RIS, DPRS, dan Ketua DPR hasil pemilu pertama, 1955. Tak berlebihan jika ada yang menyebutnya sebagai Bapak Parlemen Indonesia.

Sejarawan otodidak Daradjadi menulis biografi Mr. Sartono dengan gaya sederhana; membuka jalan bagi  generasi muda menemukan kembali salah seorang tokoh nasional yang terlupakan. Juga agar dapat mengambil  teladan dari kejujuran, intelektualitas, keberanian, dan kecintaannya pada Tanah Air.

Wayang Gendut-Wayang Keroncong
Lakon Wisanggeni Lahir
Hari Tanggal : Jumat, 23 Januari 2015, pkl 19.30

Klenengan Selasa Legen
Tribute to Nartosabdo
Karawitan PASRI, Karangpandan , Karanganyar
Hari Tanggal : Senin, 26 Januari 2015, pkl 19.30

Info :
Bentara Budaya Balai Soedjatmoko
Pin : 51B7F233
WA : 087773888438
Office : 0271-741990
Path : Balai Soedjatmoko
Twitter : @bsoedjatmoko
Fb : Balai Soedjatmoko | Balai Soedjatmoko Bentara Budaya
Instagram : balaisoedjatmoko


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*