Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

Angkringan Solo Yang Selalu Bikin Kangen, Pasti Betah Nongkrong

Wedangan Tiga Tjeret - alamatrumahmakan.com
Wedangan Tiga Tjeret - alamatrumahmakan.com

Warung angkringan atau wedangan  yang biasanya menjajakan makanan pasar dan nasi bungkus sederhana tak bisa lepas dari Kota Solo. Angkringan solo atau Wedangan Solo yang berkembang di kota ini cukup banyak. Dulunya warung Hik Solo ini identik dengan makanan jalanan yang didirikan di tenda-tenda non-permanen oleh para pedagang kaki lima (PKL). Baru-baru ini di Solo banyak dibuka angkringan solo atau Wedangan Solo yang dibuat dengan konsep kafe untuk nongkrong para anak muda. Angkringan solo ini biasanya berkonsep unik dan klasik. Berikut daftar angkringan solo atau Wedangan Solo yang layak anda kunjungi saat mampir ke kota ini.

1. Tiga Tjeret

Wedangan Tiga Tjeret - alamatrumahmakan.com
Wedangan Tiga Tjeret – alamatrumahmakan.com

Layaknya warung HIK pada umumnya, angkringan solo satu ini menyediakan beragam makanan tradisional seperti tempe goreng, tempe mendoan, bakwan goreng, sate usus, ati dan nasi bungkus berisi sambal dan bandeng yang biasa disebut nasi kucing. Warung Hik ini terletak di lokasi strategis yaitu sekitar Pasar Triwindu atau Ngarsopura.

Harga makanan yang dijual di Angkringan solo ini sekitar Rp3000 hingga Rp12.000. Pengunjung warung wedangan satu ini sangat ramai. Tapi jangan khawatir, mereka membangun warung dengan konsep dua lantai sehingga jangan pernah takut kekurangan tempat duduk. Warung wedangan ini buka hingga dini hari jadi bagi kalian yang suka menghabiskan malam di luar bisa mengunjungi warung ini.

2. Wedangan Pendopo

Wedangan Pendopo Solo - jejak-bocahilang.com
Wedangan Pendopo Solo – jejak-bocahilang.com

Angkringan solo yang kedua adalah Wedangan Pendopo. Warung Wedangan Solo ini Beralamat di Jl Srigading I No 7, Turisari, Mangkubumen, Banjarsari, Solo (belakang Empek-Empek Ny. Kamto). Didirikan 2011 silam oleh pasangan suami isteri asli Solo, Ustiani dan Totok.

Wedangan ini juga menyediakan beragam makanan layaknya warung Wedangan Solo. Ada tempe goreng, bakwan goreng, bakmi, jadah dan wajik, serta berbagai jenis satu jeroan. Makanan yang dipesan di warung angkringan solo ini bisa dibakar. Sementara untuk hidangan nasinya tidak dibungkus langsung dengan daun melainkan diracik sesuai pemesanan. Minuman yang disediakan juga tradisional Jawa seperti jahe, wedang uwuh, kunir asem dan lainnya. Makanan yang dijual di angkringan solo ini mulai Rp2.000

Selain menjual makanan menu Wedangan Solo, Wedangan Pendopo, juga menyediakan berbagai makanan dan minuman yang populer di era 90-an. Mulai coklat, hingga minuman temulawak yang banyak dikonsumsi pada era tersebut. Konsep angkringan solo ini dibuat seklasik mungkin dnegan kursi yang mayoritas dari kayu jati dan alunan gending Jawa yang akan mengiringi makan malam anda. Mu bernostalgia dengan masa kecil anda di Solo? Jangan lupa kunjungi angkringan solo satu ini.

3. Rumah Nenek

Wedangan Rumah Nenek - www.tripadvisor.com
Rumah Nenek – www.tripadvisor.com

Satu lagi angkringan solo yang menjual bangunan tua sebagai latar jualan mereka, yaitu wedangan Rumah Nenek. Warung angkringan solo yang beralamat di Jl. Sidoluhur No.58, Laweyan, dengan nomor telepon 726279 ini menempati bangunan lawas yang juga cagar budaya di Kampung Batik Laweyan. Ruangannya yang megah dengan bangunan menjulang tinggi mengisyaratkan bahwa bangunan ini memang telah lama berdiri.

Makanan yang dihidangkan di angkringan solo ini sama persis dengan warung Hik lainnya. Aneka gorengan, sate jeroan dan nasi kucing siap santap bisa kalian dapatkan di sini. Selian itu mereka juga menyediakan makanan segar seperti sop buntut untuk disantap di tempat. Harganya relatif murah, mulai Rp2.000 per makanan. Saat malam minggu, biasanya tempat ini ramai pengunjung. Banyak juga grup band indie yang mengisi acara di tempat ini saatweekend. Tempat duduk yang nyaman dan luas membuat anda akan betah berlama-lama di sini.

4. Wedangan Omah Londo

Pencinta kuliner Solo yang ingin makan makanan tradisional dengan nuansa bangunan ala Eropa bisa berkunjung ke angkringan solo yang satu ini. Ya, Omah Londo yang berada di Jalan Agus Salim Purwosari atau di sebelah timur bangunan Hotel Grand Saripetojo Laweyan, Solo, ini menjual konsep kuna ala Eropa. Rumah yang dibuka untuk angkringan ini merupakan bekas kantor orang Belanda.

Angkringan solo yang menjual berbagai hidangan angkringan ini buka hingga malam hari. Kursi ruangan dibuat khusus untuk memanjakan para pengunjung. Para pengujung bisa melepas lelah dengan menikmati kuliner Solo di tempat ini sembari berbincang dengan nyaman.

5. Cafedangan Manahan

Cafedangan Manahan
Cafedangan Manahan – solopos.com

Angkringan Solo yang satu ini termasuk paling lama di Solo. Cafedangan Manahan memiliki pengunjung militan yang sangat banyak. Bahkan kafe angkringan yang terletak di sekitar Stadion Manahan ini telah memiliki satu warung cabang di kawasan yang sama.

Cafedangan terletak di lokasi yang sangat strategis karena berada di jantung Kota Solo. Bagi kalian yang baru berkunjung di Solo akan sangat mudah menemukan angkringan Solo yang satu ini. Tempat bini cukup nyaman karena menyediakan ruang lesehan maupun kursi outdoor bagi pengujung yang ingin merasakan suasana berbeda.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*