Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

Desa Wisata Samiran, Nuansa Pedesaan di Kaki Gunung



desa wisata samiran

Desa Wisata Samiran yang terletak di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali merupakan salah satu Desa Wisata yang berada di kaki Gunung Merapi dan Merbabu. Udara yang sejuk, kehidupan masyarakatnya yang ramah, seni tradisi yang masih tetap dipertahankan dan pertanian yang berkembang menjadikan desa ini sebagai desa wisata unggulan di daerah Solo Raya.

Desa Wisata Samiran hadir dengan konsep Community Based Tourism Development (Pengembangan Pariwisata Berbasis Kemasyarakatan ) dimana masyarakat terlibat secara langsung dalam mengelola pariwisata di desanya. Nuansa gotong royong yang masih kental, semakin memperkaya potensi wisata pedesaan dengan karakter pegunungan yang menawarkan udara yang sejuk, alami serta kearifan lokal yang kuat. (Baca juga : Wisata Waduk Cengklik Boyolali)

wisata samiran selo boyolali
Acara Outbond di Desa Wisata Samiran

Di Desa Wisaata Samiran hingga saat ini memiliki 60 kelompok kesenian tradisional, kesenian-kesenian inilah yang akan menjadi suguhan perdana jika Anda berwisata ke desa ini. Ada Jelantur, Reog dan Topeng ireng akan menyambut kedatangan para wisatawan yang selanjutnya disuguhi berbagai macam menu kuliner tradisional seperti Jadah, Tempe Bacem, Susu Murni khas Boyolali dan lain-lain.

Daerah Selo Boyolali sejak dulu memang dikenal sebagai pemasok sayur-sayuran ke bernagai pasar tradisional di Solo Raya. Oleh para warga sayuran ini juga dimanfaatkan untuk melayani para wisatawan yangg membutuhkan perawatan wajah, kulit dan rambut yang menggunakan bahan-bahan sayur organik lokal. Fasilitas yang ada di Desa Wisata samiran ini juga cukup lengkap, mulai dari Homstay di rumah penduduk, instruktur outbond, pemandu wisata yang berasal dari penduduk lokal, bahkan asuransi.

Beberapa paket wisata di Desa Wisata Samiran juga cukup banyak, sangat cocok jika ingin menghilangkan penat karena rutinitas bekerja, apalagi jika berkunjung secara berkelompok.

Kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan ketika berwisata ke Desa Wisata Samiran ini diantaranya Live-in dengan penduduk lokal, Soft tracking/tracking ke Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, Permainan Outbond, Wisata Edukasi ( Belajar Tari Reog, Gamelan, Menanam Sayur / Buah ), Wisata Petik Sayur Organik, Wisata Petik Strawberry/Kesemek ( musiman), Wisata Perah Susu Sapi/Kambing Etawa/Domba, Wisata Peternakan Kelinci Hias, Wisata Kerajinan Tembaga/Kuningan, Flying Fox dan Nonton di Merapi Theater serta menikmati Gunung Merbabu dan Merapi melalui Gardu Pandang “New Selo“ dan UGA (Unit Gunung Api)

Baca juga : Tempat Wisata Boyolali Yang Wajib Dikunjungi


2 Comments on Desa Wisata Samiran, Nuansa Pedesaan di Kaki Gunung

    • Untuk informasi tentang desa wisata Samiran silahkan menghubungi Bp.Trijoko 085647154667
      dan Ibu Dayang 0818263390

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*