Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

Festival Bengawan Solo, 12 April 2015



festival bengawan solo 2015

Festival Bengawan Solo 2015 akan kembali digelar pada tanggal 12 April 2015 mendatang di sepanjang sungai Bengawan Solo. Acara ini akan dimeriahkan dengan berbagai atraksi kesenian dan kirap Gethek hias. Festival ini diselenggarakan setahun sekali untuk mengenang sekaligus memunculkan kembali kota Solo masa lalu, dimana sungai Bengawan Solo menjadi “jalan raya” utama untuk jalur perdagangan di Kota Solo.

FESTIVAL-GETEK
Festival Getek di Bengawan Solo

Bengawan Solo selama ini memang menjadi salah satu ikon Kota Solo. Sungai terpanjang di Pulau Jawa ini adalah saksi bagi perjalanan panjang manusia sejak zaman Kerajaan Mataram Kuno, Majapahit, Pajang, Mataram Islam, hingga Kraton Kasunanan Surakarta.

Dalam ajang Festival Bengawan Solo ini, iring-iringan getek biasanya akan berjajar menelusuri Sungai Bengawan Solo dari Kampung Ngepung hingga Taman Ronggowarsito yang berjarak sekitar 5 km. Pertunjukan seni digelar di atas getek, mulai dari musik tradisional hing berbagai tarian tradisional.

Festsival Bengawan Solo 2015 ini diselenggarakan memiliki misi utama untuk menggugah kesadaran masyarakat untuk terus menjaga kebersihan sungai. Sebab sungai bukanlah tempat sampah di mana warga bisa membuang apa saja. (baca juga : Festival Getek, Mengenang Kejayaan Bengawan Solo)


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*