Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

Festival Film Pariwisata Solo 2016 Digelar, Ikuti Kompetisinya!



lomba film pendek - festival film pariwisata solo 2016
Festival Film Pariwisata Solo 2016

Festival Film Pariwisata Solo (FFPS) 2016 akan digelar 27-28 Oktober 2016 di Omah Sinten Solo. Acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta ini mengusung tajuk “Ayo ke Solo”, terdiri dari tiga program utama yaitu Kompetisi Film Pendek, Pemutaran film nominasi, dan Workshop.

Dalam ajang kompetisi film pendek Festival Film Pariwisata Solo, panitia penyelenggara menyediakan tiga penghargaan untuk tiga ketegori film. Jaladara Award akan diberikan untuk satu pemenang kategori film pendek fiksi, Werkudara Award untuk pemenang kategori film pendek Non-fiksi, dan Batara Kresna Award untuk kategori Iklan Komersial pariwisata. Selain penghargaan berupa Trophy “Duta Karya Pariwisata”, pihak penyelenggara juga akan memberikan penghargaan berupa uang tunai sebesar total Rp. 15.000.000,- (Limabelas Juta Rupiah) untuk tiga pemenang.

Seperti yang dikutip dari situs ffps.surakarta.go.id, karya yang bisa diikutkan dalam kompetisi ini adalah film pendek dengan durasi maksimal 5 (lima) menit dan iklan komersial dengan durasi maksimal 30 detik. Film yang diikutkan merupakan karya sendiri dan selesai produksi setelah tahun 2010.

Satu syarat yang juga tidak kalah penting, untuk para pemenang kompetisi film pendek Festival Film Pariwisata Solo 2016 ini harus bersedia merelakan karyanya berlisensi Creative Commons (CC BY). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk mengcopy, menyebarkan, menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit pencipta atas ciptaan asli.

Pendaftaran dan penyerahan karya kompetisi film pendek ini dibuka mulai 10 Agustus – 10 Oktober 2016. Dari karya-karya yang masuk, akan dipilih 4 (empat) film terbaik di masing-masing kategori sebagai film nominasi. 12 Film nominasi ini akan diputar pada saat acara pembukaan acara Festival Film Pariwisata Solo 2016 pada hari Kamis (27/10/2016), Pkl. 19.00 WIB.

Selain acara kompetisi dan pemutaran film nominasi, panitia penyelenggara juga akan menyelenggarakan workshop yang mengangkat tema “Media digital untuk promosi wisata”, program ini diselenggarakan sebagai sarana untuk mengajak masyarakat luas untuk ikut serta dalam mempromosikan potensi seni, budaya dan pariwisata di daerahnya melalui media digital.

Dalam program workshop Festival Film Pariwisata Solo 2016 ini akan menghadirkan tiga pemateri, yakni dari praktisi perfilman, praktisi pariwisata, dan blogger yang aktif di komunitas film. Acara workshop akan diselenggarakan di hari kedua, Jumat (28/10/16) Pkl. 14.00 WIB di Omah Sinten Solo.

Rangkaian acara Festival Film Pariwisata Solo 2016 akan ditutup pada malam penganugerahan yang akan dilaksanakan pada hari Jumat (28/10/16) Pkl. 19.00 WIB. Di malam ini akan diputar tiga film terbaik di masing-masing kategori kompetisi dan juga penyerahan anugerah Duta Karya Wisata FFPS 2016 bagi para pemenang.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*