Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

Festival Jenang Solo 2015 Siap digelar (15-17/Feb)



festival jenang solo 2015

Festival Jenang Solo 2015 akan kembali digelar di Kota Solo pada hari Minggu-Selasa 15-17 Februari 2015 di koridor Ngarsopuro yang terletak di ruas Jl. Diponegoro Solo. Event tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati hari jadi Kota Solo yang ke 270 ini akan membagikan ribuan pincuk jenang secara gratis kepada masyarakat.

Seperti event festival jenang tahun sebelumnya, di Festival Jenang Solo 2015 juga akan menghadirkan bermacam-macam jenis jenang, melalui festival ini akan disajikan kembali jenang-jenang yang sudah termasuk langka di tengah-tengah masyarakat kita saat ini.

festival jenang solo 2015

Festival Jenang Solo pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 lalu dan selanjutnya digelar setiap tahun sekali pada bulan februari bersamaan dengan hari jadi Kota Solo. Joko Widodo yang saat itu menjabat sebagai Wali Kota Surakarta menuturkan bahwa Festival Jenang Solo merupakan bagian dari usaha pelestarian kuliner asli Solo.

“Biar ekonomi kreatif ini bisa berkembang. Kalau tidak ada yang mengenal jenang, lama-lama tidak ada lagi yang memproduksi jenang. Lama-lama bisa punah,” kata Jokowi saat itu.

Pada perayaan Festival Jenang Solo tahun 2013, terdapat sebanyak 150 jenis jenang dari wilayah eks Keresidenan Surakarta. Sebanyak 15.000 pincuk (porsi) jenang secara gratis dibagikan kepada masyarakat. Sedangkan pada Festival Jenang Solo 2014 sebanyak 17.000 pincuk jenang buatan ibu-ibu rumah-tangga dari 51 kelurahan di Kota Solo, dibagikan secara gratis kepada para pengunjung festival.

Jenang bagi masyarakat Solo memang bukanlah hal yang asing, sejak masa lalu jenang memiliki kaitan erat dengan kehidupan warga, baik untuk pemenuhan kebutuhan fisik seperti budaya sarapan pagi maupun untuk pemenuhan kebutuhan spiritual saat diadakan kenduri maupun selamatan.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*