Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

Ini Agenda Budaya Solo yang Rutin Di Gelar Sepanjang Tahun

Solo Batik Carniva 2010/Dedy Timbul
Solo Batik Carniva 2010/Dedy Timbul

Sebagai kota yang mengusung tagline Kota Budaya, Solo, selalu ramai dengan event kebudayaan maupun event lainnya yang bertema luas. Banyak sekali agenda budaya Solo yang telah menjadi acara rutin di kota ini yang paling sering diselenggarakan pada Agustus.

Hampir semua agenda budaya di Solo sekarang ini berpusat di kawasan Bank Indonesia dan Benteng Vastenburg. Pada September khususnya hampir setiap bulan ada agenda kebudayaan. Saking banyaknya sampai-sampai Solo dianggap sebagai kota yang tak pernah mati berkarya seni. Nah agar kalian tak penasaran dan tidak sampai salah jadwal, berikut kami ulas agenda budaya paling rekomended yang perlu kalian ketahui.

  1. SBC
Solo Batik Carniva 2010/Dedy Timbul
Solo Batik Carniva 2010/Dedy Timbul

Agenda budaya satu ini bernama Solo Batik Carnival (SBC). SBC semacam karnaval kostum batik yang dirancang khusus agar meriah dan menarik. Kostum-kostum karnaval itu berbahan utama kain batik Solo dan biasanya dikembangkan sesuai dengan tema acara.

Acara utama SBC ialah berjalan menyusuri jalan protokol di Kota Solo dengan kostum batik karnaval. Rute yang biasa dilalui antara lain mulai Stasiun Purwosari hingga Balaikota Solo yang berjarak lebih dari tiga kilometer.

Peserta karnaval mulai anak-anak hingga dewasa yang mengenakan kostum batik yang beratnya kadang mencapai lebih dari 9 kilogram. Para pengunjung bisa menikmati keindahan kostum karnaval serta karya para desainer Solo lainnya di Sini. Sejumlah karya SBC ini sudah diakui dunia karena beberapa kali tampil di festival luar negeri. Kalau kalian ingin menyaksikan SBC bisa datang ke Solo sekitar Agustus. Acara ini tidak dipungut biaya alias gratis

  1. SIPA
SIPA di Beteng Vastenburg
Salah satu event kesenian di Beteng Vastenburg

Solo International Performing Art (SIPA) adalah pertunjukan seni bertaraf internasional di Solo. Pentas SIPA telah diselenggarakan lebih dari lima kali. Setiap tahun panitia selalu mengundang berbagai penampil dari dalam maupun luar Indonesia.

Pada perhelatan SIPA terakhir 2015 ini panitia bahkan mengundang boy band Korea untuk tampil di panggung SIPA. Acara ini cocok bagi kalian yang menyukai segala hal berbagi panggung tradisi. Acara gratis sekitar September di Benteng Vastenburg

  1. Festival Keroncong
Solo Festival Keroncong 2011/surakarta.go.id
Solo Festival Keroncong 2011/surakarta.go.id

Pertunjukan budaya di Kota Solo tak berhenti di SIPA. Festival musik budaya bertema keroncong juga masih rutin digelar Pemkot Solo. Festival ini biasanya diikuti beragam kelompok anak muda dan dewasa.

Festival keroncong biasanya digelar selama tiga hari sekitar Agustus. Acara ini digratiskan bagi siapa saja yang berminat menyaksikannya. Lokasi festival berubah-ubah sesuai kondisi. Bagi kalian yang ingin bernostalgia dengan lagu-lagu lawas, festival ini sangat disarankan untuk kalian datangi.

  1. Kirab Suro dan Muludan

Nah, Solo, juga paling dikenal sebagai kota tradisi yang sering menggelar kirab budaya. Salah satu agenda budaya Solo yang paling besar dan sudah lama di Solo adalah kirab Bulan Suro dan Mulud atau kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Serangkaian acara kirab suro ini biasanya digelar hingga satu bulan penuh tetapi acara inti hanya saat malam satu suro atau Mulud. Saat Suro sejumlah keris akan dibersihkan atau jamasi, rombongan prajurit keraton dan beberapa ekor kebo bule bakal digiring keluar pada malam satu suro untuk kirab keliling jalan protokol di Solo. Sementara untuk muludan acara puncak diisi dengan tumpengan dan beberapa tradisi lainnya

 Acara ini biasanya diiringi dengan Pasar Malam sekatenan di alun-alun utara. Namun sejak beberapa bulan terakhir sekatenan ditiadakan karena alun-alun utara sedang digunakan sebagai pasar darurat Klewer. Uniknya, saat malam satu suro banyak warga yang melihat kemudian memunguti kotoran kerbau untuk ngala berkah. Kedua acara budaya ini juga digratiskan

  1. Festival Kethoprak
Pentas Ketoprak
Pentas Ketoprak

Belum ke Solo jika belum menyaksikan pertunjukan kethoprak. Sejumlah seniman Solo menggelar acara festival kethoprak sejak beberapa tahun silam. Agenda budaya ini biasanya digelar di gedung utama Balai Kambang sekitar Bulan Agustus. Menariknya lagi festival biasnaya dimeriahkan oleh para pemain muda. Selain untuk fungsi regenerasi para pemain muda dianggap lebih bisa mengolah suasana ketimbang yang sudah lama.

  1. Dalang Bocah
dalang bocah/liputan6.com
dalang bocah/liputan6.com

Nah kalau anak kalian ada yang suka mendalang bisa mendaftar dalam festival dalang bocah ini. Festivak biasanya diadakan sekitar Agustus di TBS Solo. Festival dalang ini sangat menarik karena diikuti lebih dari 100 peserta dari berbagai wilayah mulai Aceh, Jakarta dan Batam. Tiket masuk acara ini juga ditiadakan, penonton diperbolehkan menyaksikan acara yang biasa di gelar di Pendapa ISI ini sepuasnya.

  1. Solo City Jazz
Solo City Jazz/surakarta.go.id
Solo City Jazz/surakarta.go.id

Nah setelah berkutat dengan berbagai agenda  berbau budaya, kami mengajak bergeser sedikit ke genre musik jaz. Meski kecil Kota Solo juga selalu sukses menggelar agena Solo City Jazz. Acara biasanya digelar setiap Agustus juga di tempat yang berbeda-beda.

Solo City Jazz sering mengundang sejumlah penyanyi papan atas. Acara ini juga tanpa tiket masuk, jadi bagi kalian yang ingin menyaksikan festival sekelas internasional silakan datang ke Solo City Jazz nanti.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*