Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

Ini Dia 5 Transportasi Wisata Solo yang Unik dan Menarik



Bus tingkat Werkudara. Surakarta.go.id

Melancong ke Kota Solo tapi bingung harus ke mana? Tenang, ada transportasi wisata Solo yang unik dan wajib kalian kunjungi. Transportasi wisata unik Solo ini akan mengantarkan kalian ke tempat-tempat wisata penting di Solo. Tak hanya unik, transportasi wisata yang sudah terkenal di Kota Bengawan ini juga menyimpan banyak kenangan dan sejarah masa lampau. Mau tau apa dan bagaimana transportasi unik Kota Solo ini beroperasi? Yuk simak ulasannya berikut ini:

  1. Bus Tingkat Werkudara

Bus tingkat wisata ini diambil dari nama salah satu tokoh wayang yaitu Werkudara. Bus tingkat berwarna merah dengan gambar ornamen wayang ini dirilis oleh pemerintah Kota (Pemkot) Solo sejak 20 februari 2011 lalu. Bus memiliki tempat duduk yang cukup banyak dan nyaman. Tinggi bus ini mencapai 4,5 meter sedangkan lebarnya sekitar 2,5 meter.

Transportasi wisata Solo ini disediakan khusus untuk para wisatawan yang ingin berkeliling kota. Bus berwana merah ini hanya menerima pesanan paket wisata atau carter. Banyak tempat wisata Solo yang dilalui bus tersebut di antaranya Keraton Kasunanan Solo, Kampung Batik Kauman, Kampung Batik Laweyan, Pura Mangkunegaran, Museum radya Pustaka dan lainnya. Bus juga melayani lokasi lain di luar rute sesuai permintaan penyewa.

Bus ini beroperasi pada hari tertentu yaitu Sabtu dan Minggu. Pada Sabtu dan Minggu bus ini melayani penumpang umum dengan tarif Rp20.000 per satu putaran. Sementara itu harga sewa atau carter sekitar Rp800.000 per tiga jam, dengan biaya overtime Rp250.000 per jam. Persewaan bus dilakukan setiap hari termasuk saat weekdays.

Pemesanan bus wisata ini dilayani di kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Solo, Jalan Menteri Supeno No.7, Manahan, pada jam. Atau menghubungi Indri: 085642005156 dan Sandi 085229790462. Pemesanan dilakukan minimal satu hari sebelum hari pemberangkatan dan wajib menyerahkan tanda jadi minimal 25 persen dari harga sewa.

Rute perjalanan bus ini antara lain di jalan-jalan protokol Kota Solo dari  Jl. Slamet Riyadi – Purwosari –Gladak – Balaikota – Pasar Gedhe –RSUD dr Moewardi – UNS – Jurug – UNS – Panggung – Pasar Gedhe – Gladag – Pusat Grosir Solo (PGS) – Sangkrah – Alun-alun Utara – Pasar Kliwon – Baturono – Gading – Tipes – Baron – Jongke – Purwosari – Kerten – Manahan (selesai).  Dan beroperasi pada hari sabtu dan minggu serta libur nasional, jadwal pemberangkatan Bus 3 kali dalam sehari pada pukul jam 09.00, 12.30, dan 03.30 WIB.

Bus tingkat Werkudara. Surakarta.go.id

Rute Bus Tingkat Werkudara. Surakarta.go.id

Rute Bus Tingkat Werkudara. Surakarta.go.id
Rute bus tingkat Werkudara. Surakarta.go.id
  1. Kluthuk Jaladara/ Sepur Jaladara

Sepur atau kereta satu ini berbeda dengan kereta lainnya. Sepur kluthuk atau kereta uap Jaladara ini tak hanya berguna sebagai alat transportasi, melainkan juga sebagai kereta wisata. Transportasi wisata Solo ini resmi beroperasi 27 september 2009. Diresmikan oleh Menteri Perhubungan Jusman Syafi’i Djamal bersama Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Solo Joko Widodo.

Serangkaian kereta uap Jaladara terdiri atas satu lokomotif Seri C 1218 dan dua gerbong penumpang dengan Seri TR 144 dan TR 16. Penikmat kereta uap ini bakal dimanjakan dengan perjalanan wisata Solo melewati Kampung Laweyan, Loji Gandrung, Ngapeman, Pasar Pon, Keraton, Gladak dan lainnya. Selain bisa menikmati keindahan Solo dari atas kereta uap yang, penikmat transportasi wisata ini juga dimanjakan dengan welcome drink berupa jamu tradisional dan jajan pasar. Welcom drink ini biasanya diberikan di beberapa persinggahan wisata.

Untuk sekali jalan, kereta ini menampung maksimal 80 orang. Namun kereta uap Jaladara hanya bisa beroperasi jika ada wisatawan dengan jumlah banyak yang menyewa. Besaran biaya menikmati Solo dengan kereta wisata ini tergantung paket wisata dan jumlah penyewanya. Sepaket wisata dengan jumlah 25 orang per kereta dibanderol Rp360.000 per orang, Rp290.000 per orang untuk 35 penumpang dan Rp150.000 per orang untuk 80 penumpang. Biaya tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan operasional kereta yang mencapai Rp3,25 juta sekali jalan. Pengeluaran sebesar itu digunakan untuk membeli bahan bakar yang masih menggunakan kayu jati dan upah tiga masinis serta asistennya.

Kereta Uap Jaladara. Tempo.com
Kereta uap Jaladara. Tempo.com

 

  1. Railbus

Nah kalau sebelumnya transportasi wisata Solo hanya beroperasi keliling Kota Solo, kali ini Solo juga memiliki transportasi wisata yang menjangkau hingga luar daerah hlo. Yap, namanya Bus Rel (Railbus) Bathara Kresna. Railbus ini resmi beroperasi 2011 lalu. Melayani rute Solo Purwosari-Sukoharjo-Wonogiri. Dengan railbus ini kalian bisa menikmati suasana perdesaan di area Sukoharo dan Wonogiri. Sangat recomended bagi para pelancong yang penasaran dengan wilayah sekitar Solo. Harga tiket railbus pun relatif murah hanya sekitar Rp4.000 sekali jalan. Jadwal keberangkatan railbus Bathara Kresna bisa dilihat di stasiun Purwosari, Stasiun Kota Solo, Sukohajo, Pasar Nguter dan Wonogiri.

Railbus Bathara Kresna. Suaramerdeka.com
Railbus Bathara Kresna. Suaramerdeka.com
  1. Sepeda Anti Galau

Bagi kalian yang bingung menghabiskan malam sila datang ke kawasan Stadion Manahan. Di sana tersedia sepeda dengan dua roda besar yang bisa dinaiki dua orang sekaligus. Sepeda yang dilengkapi dengan lampu hias dan full music ini dinamai sepeda anti galau.

Sensasi mengendarai transportasi wisata Solo satu ini memang tak ada matinya. Selain menikmati Solo malam hari dengan iringan lampu gemerlap dan musik, kalian bisa sekalian berolahraga karena sepeda bisa dioperasikan jika dikayuh oleh si penyewa. Sepeda anti galau ini dibandol seharga Rp10.000 untuk sekali sewa. Mau melepas penat dengan berteriak-teriak sambil ngos-ngosan memedal sepeda hias? Yak, silakan menyoba sepeda anti galau ini ya guys.

Sepeda anti galau di Stadion Manahan. WisataSoloraya.com
Sepeda anti galau. WisataSoloraya.com
  1. Becak Lampu

Nah kalau ingin mengajak seluruh keluarga mengelilingi Manahan dengan kendaraan warna-warni kalian bisa memilih becak lampu. Becak yang bisa menampung empat hingga lima penumpang ini juga menyediakan jasa keliling Stadion Manahan dan sekitarnya.

Bedanya dengan sepeda anti galau, becak ini bisa beroperasi tanpa harus dikayuh. Kalian juga bisa menikmati hiasan lampu dan live music becak sembari keliling kota. Biaya sewa sekitar Rp20.000 untuk sekali jalan.

  1. Dokar Manahan

Menikmati keindahan pusat Kota Solo di sekitar Manahan tidak hanya bisa dilakukan dengan sepeda anti galau hlo guys. Ada juga transportasi wisata tradisional di Solo yang sudah lama beroperasi di sana yaitu dokar. Transportasi wisata Solo yang dikomandoi seekor kuda ini bisa disewa untuk menemani kalian keliling pusat Kota Solo.

 


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*