Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

Kedai Kopi di Solo ini Paling Asyik buat Kongkow-Kongkow



Kopi Tiam Solo/elgayudi.wordpress.com
Kopi Tiam Solo/elgayudi.wordpress.com

Kopi tak hanya jadi perbincangan hangat di Ibukota. Di Solo kedai kopi murah banyak bertebaran. Hampir di setiap sudut kota strategis ada kedai kopi. Kendati bukan kedai besar, rasanya tak kalah dengan outlet-outlet ternama di Solo. Para baristanya sudah terlatih. Bahkan menu kopi yang disajikan juga hampir sama dengan kopi di kedai yang sudah punya nama.

Berikut kedai kopi di Solo yang kami rekomendasikan:

  1. Warkop Monggo

Warkop Monggo Solo/instagram
Warkop Monggo Solo/instagram

Kedai Kopi atau Warung Kopi (Warkop) Monggo ini dulunya dibangun di jalan Dr Radjiman. Tepatnya depan Daego Resto. Namun sekarang berpindah di lahan dengan konsep yang lebih luas di Komplek Kios PAKYM No B5 – Jalan Brigjen Slamet Riyadi, No 441 Kerten – Surakarta. Warung kopi ini mulai buka Pukul 13.00 – 03.00 WIB.

Warkop Monggo menyediakan berbagai menu kofe seperti capucino, coffe latte, robusta dan espresso. Masing masing jenis minuman ini diolah dari kopi pilihan. Pengolahan dilakukan sangat detail oleh para barista profesional. Bahkan tak sedikit yang memujinya karena memiliki rasa seenak outlet kopi ternama.

Meski memiliki cita rasa yang unik, Monggo Cafe tidak membanderol harga tinggi. Per kopi hanya dihargai mulai Rp5.000 hingga Rp15.000an. Selain minuman hangat ini, mereka juga menyediakn berbagai makanan ringan seperti pisang dan roti bakar. Ada juga makanan beratnya seperti mie instan seduh.

Nah bagi kalian yang suka keramaian, jangan khawatir Monggo Coffee menyediakan spot khusus untuk kalian yang ingin datang bersama teman-teman serombongan. Di tempat ini juga sering diadakan sejumlah event khusus sehingga selalu ramai sampai dini hari.

Warkop Monggo Solo/instagramWarkop Monggo Solo/instagram
Warkop Monggo Solo/instagram
  1. Ngopi Serius

Ngopi Serius Solo/facebook
Ngopi Serius Solo/facebook

Kalian ingin menikmati kopi-kopi nusantara? Ngopi Serius pilihannya. Cafe yang beralamat di Jalan Melati No 7, Purwosari ini juga cukup punya nama. Ada lebih dari 30 jenis kopi nusantara yang disediakan warkop Ngopi Serius. Mulai dari kopi Sidikalang, kopi Rawaseneng Temanggung, kopi Lencoh Gunung Merapi, kopi Jave Raung, kopi Toraja Pulu – pulu, kopi Papua Wamena, kopi Luwak Liar Aceh Gayo, kopi Lintong, kopi Java Pedati dan kopi Enrekang Buntu Lenta Latimojong. Kopi ini didapatkan langsung dari para petani.

Meski menawarkan branding kopi Nusantara tak perlu takut soal harga. Seporsi kopi di cafe ini dijual dengan harga beragam. Kopi termurah Rp10.000 sedangkan paling mahal Rp40.000. Nah bagi kalian yang ingin menyeruput kopi serius di rumah, sang pemilik juga menyediakan kopi satuan yang bisa dibawa pulang. Harga per gramnya mulai Rp50.000 hingga Rp200.000 tergantung jenis.

Tak perlu takut bosan kongkow kongkow di kedai mungil ini. Selain kopi juga ada beberapa makanan pelengkap yang cocok sebagai camilan. Ada roti bakar, pisang goreng kipas, kentang lumpur, sosis gulung, mushroom cheese omelette dan snack lainnya. Harganya juga murah,  mulai Rp 8.000 hingga Rp 12 ribu saja.

  1. Kopi Tiam

Kopi Tiam Solo/elgayudi.wordpress.com
Kopi Tiam Solo/elgayudi.wordpress.com

Kopi Oey atau Kopi Tiam ini merupaka kopi usaha milik penyiar makanan ternama Bondan Winarno. Di Solo, Kopi Oey, bergabung dengan Tune In Hotel yang sekarang berganti nama. Alamatnya di Jl Dr Soepomo, No 69, Solo. Kopi Tiam terdapat di berbagai tempat Indonesia bahkan di Malaysia. Istilah Kopi Tiam di Malaysia berarti kedai kopi Cina yang lazimnya hanya menawarkan hidangan Tionghoa-Malaysia.

Menu makanan khas yang biasa diburu adalah singkong goreng gurih dengan sambal dari ikan, nasi briyani ayam, kroket Belanda, dan roti canai kari ayam. Minumannya pun beragam,  ada cappucino, djeroek kietna soda,teh daon mint, kopi susu indotjina dan lain-lain. Harganya relatif terjangkau mulai Rp15.000 – Rp35.000 per porsi.

  1. Kedai Kopi Caffe’

Kedai Kopi Caffe ini terletak di Jl. Dr.Rajiman 516 A. Selain menu kopi, kedai tersebut juga menyediakan makanan dengan menu western. Sangat cocok untuk kalian yang suka kongkow-kongkow. Makanan western yang menjadi andalan adalah pizza,spaghetti.

Soal harga, jangan khawatir. Harga makanan di sini relatif murah.  Masing-masing harganya Rp. 15.000 untuk Pizza, Spaggeti Rp. 20.000, dan Lasagna Rp. 26.000. Untuk minumannya sendiri harga di bandrol dari Rp. 9.500 – Rp. 22.000.

Kafe ini juga asyik untuk tempat nonton bareng dan live music setiap Rabu dan  Sabtu. Kafe mulai dibuka Pukul 20.00 WIB hingga dini hari.

  1. Kedai Kopi Espresso

Kedai kopi ini terletak di Jl Radjiman No 516 A Solo.

Kedai Kopi Espresso Bar merupakan tempat yang sangat cocok untuk bersantai setelah kuliah ataupun selepas kerja bersama rekan-rekan. Kedai kopi ini dilengkapi dengan wifi dan TV kabel sehingga membuat nyaman para pembeli. Menu kopi yang tersedia cukup variatif. Mulai kopi manis seperti espresso, ramuan royal caramel cappucinno, atau kopi murni kopi Gayo, linthong, Sumatran dark roast atau red eye.

Berikut daftar kopi di tempat ini:

Espresso based : espresso doppio, espresso machiato, espresso con panna, espresso ristretto, espresso flesh, espresso romano, americano, cappuccino, cappuccino viennese style, royal caramel cappuccino, chocolaccino, latte (regular,vanilla, caramel, etc) and hot cafe mocca.

Origin coffe : Gayo form Naggroee Aceh, Linthong, Madailing, West Sumatra highland Arabica, Sumatran dark roast, Java village, Wamena from Papua, luwak coffe and red eye

Ice : caramel latte ice, espresso flesh, floating on u, hazelnut latte ice, ice cappuccino, ice latte reg, ice latte straw, ice latte vanilla, ice moccaccino, irish latte cream ice, Swiss chocolate, coffe latjuba, galvaccino with vary options

Fruity freshy : rainbow splash, pink floyd, avocanno milky, avocanno coffe, strawberry smooties, lime squash, orange squash, banana cream splitter.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*