Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

Menelisik Cara Pembuatan Batik Cap



batik-cap

Dalam pembuatan batik ada bebera cara yang bisa dilakukan selain dengan teknik batik tulis,  salah satunya adalah dengan menggunala teknik batik cap. Pembuatan batik ini proses pengerjaannya bisa lebih cepat jika dibanding menggunakan teknik batik tulis, karena motif batik tidak perlu digambar secara manual namu di cap.

Teknik batik cap tidak menggunkan canting sebagaimana dalam membuat batik tulis. Dalam pembuatan batik cap alat yang digunaka adalah pelat logam tembaga yang telah diberi motif timbul. Secara prinsip penggunaan pelat logam tersebut hampir sama dengan penggunaan stempel. Malam/lilin batik pada kain dilekatkan pada kain mori melalui pelat tersebut.

cara-membuat-batk-cap
Proses pembuatan batik cap

Sebagimana dalam pembuatan batik tulis, tahapan dalam membuat batik cap hampir sama, yang pertama yaitu pemberian malam (lilin) pada kain, kemudian proses pewarnaan,  dan terakhir pelepasan lilin dari kain.

Pemberian malam pada proses batik cap secara teknis berbeda dengan batik tulis, dalam pembuatan batik cap dibutuhkan meja yang cukup lebar untuk menggelar kain putih yang akan dibatik. Dibawah kain putih ini biasanya juga diberi alas yang empuk namun rata agar proses penempelan malam dari pelat bisa lebih bagus.

Pemberian warna pada kain-pun prinsipnya sama dengan cara batik tulis, pewarnaan dimulai dari warna putih atau warna lain yang lebih muda. Kain putih polos bisa langsung dicap malam ataupun diberi warna muda dulu baru di cap. Proses pewarnaan dapat dilakukan beberapa kali sesuai keinginan, semakin banyak warna bisanya juga semakin banyak bidang-bidang yang harus ditutup dengan malam/lilin batik.

Proses pelorotan (pelepasan malam dari kain) dapat dilakukan setelah pemberian malam, warna dan penguat warna selesai dilakukan. Proses ini biasanya dilakukan dengan pemanasan dalam suhu tertentu yang secara umum  dilakukan dengan cara direbus memakai air.

Proses perebusan ini dilakukan dua kali, yang terakhir dengan larutan soda ash untuk mematikan warna yang menempel pada batik, dan menghindari kelunturan. Setelah perebusan selesai, batik direndam air dingin dan dijemur.


2 Comments on Menelisik Cara Pembuatan Batik Cap

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*