X
    Categories: Belanja

Mengintip Klasiknya Bengkel Vespa di Solo

Tak hanya sekedar sebagai hobi, kecintaan Saiman pada Vespa ternyata juga mampu membuatnya menghasilkan uang dan menghidupi keluarganya. Selain sebagai kolektor Vespa dengan jumlah puluhan, demi hobinya tersebut pria kelahiran 2 Januari 1945 itu juga mendirikan bengkel khusus untuk Vespa.

Bengkel Vespa pak Saiman (foto: Novandi-terasolo.com)

Bengkel Vespa Saiman resmi berdiri sejak tahun 1971 dan berlokasi di Jl Kolonel Sutarto 178 Jebres, Solo. Sebelumnya, ia bekerja sebagai karyawan di beberapa bengkel motor di daerah Solo. “Jauh sebelum didirikannya bengkel ini, bahkan sebelum masyarakat banyak yang menggunakan Vespa, saya telah bekerja di beberapa bengkel Vespa di Solo,” kenang Saiman saat ditemui Tim terasolo.com, Kamis (21/3/2013). Kurang lebih selama 4 tahun ia bekerja di tempat orang, barulah Saiman memberanikan diri mendirikan bengkel Vespa sendiri.

Saiman mengaku, kemampuan dan keterampilannya memperbaiki Vespa didapatnya bukan dari sekolah resmi melainkan dari pengalamannya menjadi  montir bengkel Vespa di Solo tersebut. “Hingga saat pertengahan kelas dua STN (Sekolah Teknik Negeri.red) di Solo, saya memilih keluar dan memutuskan untuk bekerja mencari pengalaman,” ujar Saiman.

Profesi sebagai pemilik Vespa sekaligus montir yang dijalani Saiman selama lebih dari 45 tahun ini, bahkan telah mengantarkannya mampu menyekolahkan lima anaknya hingga perguruan tinggi. “Beberapa juga ada yang sampai S2,” ujarnya sambil tersenyum.

“Bagi saya Vespa itu bukan sekedar hobi, namun juga bisa memberikan nafkah bagi keluarga”, tutur Saiman sambil memperlihatkan Vespa koleksinya. Saai ini vespa yang dimilikinya berjumlah lebih dari 50 buah, seperti Vespa jenis Sprinter, Excel, Exclusive, Px, dan lainnya. Saiman juga pernah berkesempatan menjual Vespanya kepada warga Australia dan juga ke luar pulau Jawa.