X
    Categories: Wisata

Ngopi Serius, Surganya Pecinta Kopi di Solo

Tangannya cekatan mengambil salah salah satu toples kopi di rak. Matanya memicing sembari mengamati takaran biji kopi. Sudah pas! Syahdan, seketika biji kopi itu sudah menjadi bubuk kopi setelah masuk alat penggiling yang bentuknya seperti blender genggam. Rustam, nama barista itu sedang membuat kopi arabika lampung pesanan pengunjung. Tak berapa lama, segelas kopi panas siap diantar pelayan ke meja pemesan.

Situasi Ngopi Serius (Foto: Anna Nur Khasanah – terasolo.com)

Ngopi Serius. Begitu nama yang diberikan pemiliknya pada kedai kopi yang terletak di daerah Badran, belakang rumah sakit Kasih Ibu Solo. “Karena kopi yang disajikan benar-benar kopi asli, murni. Kopi-kopi didatangkan dari daerah asalnya langsung. Makanya diberi nama Ngopi Serius,” ujar Sasangka Adi, owner Ngopi Serius. Kecintaan Adi yang juga seorang barista tidak main-main. Sebelum mendirikan Ngopi Serus, ia serius belajar segala tentang kopi selama dua tahun. Termasuk, ia mengunjungi petani kopi, belajar memetik kopi dan memilih kopi yang baik. Hasilnya, Ngopi Serius mampu bertahan hampir tahun ini tepat pada Juni nanti.

2015, Tahunnya Kopi

Lima pengunjung duduk di salah satu sudut kedai kopi Ngopi Serius. Terdengar berisik berdiskusi cara minum kopi yang benar. “Dihirup perlahan, diseruput pelan-pelan, terus disesap ampasnya,” ujar salah satu pengujung. Yang lain mencoba kopi sembari mengernyitkan dahi karena rasa pahit kopi murni yang mereka pesan. Di meja sebelah mereka, gerombolan pengunjung lain sibuk bermain kartu sembari menikmati cangkir kopi mereka. Sesekali asap rokok menyembul di antaranya. “Bisa dibiling tahun 2015 ini tahunnya bisnis kopi,” ungkap Adi sembari terkekeh melihat tingkah polah pengunjung Ngopi Serius.

Berkat adanya film dan buku yang mengulas tentang kopi, membawa berkah bagi pengusaha bisnis kopi seperti milik Adi. Banyak muncul pecinta kopi baru yang sekadar ingin meniru potongan-potongan adegan film. Adapula yang penasaran pada pahit kopi robusta atau menyesap rasa asam pada kopi arabika. Sisanya, pengunjung pecinta kopi yang memang serius mau menikmati sajian secangkir kopi. “Butuh waktu untuk memperkenalkan kopi murni kepada pengunjung. Kebanyakan mereka masih memesan coffee blend kayak cappuccino, café latte, moccacino,” terang pria berjambang tipis itu.

Sekarang, Adi memiliki 36 koleksi kopi yang didatangkan dari berbagai pelosok di Indonesia. Kopi sidikalang, black Gayo, Rawaseneng Temanggung, Bali Buleleng, Lampung dari keluarga robusta, lencoh lereng merapi, Bali Kintamani, Mandailing, java pedati, luak liar Aceh Gayo dari keluaga arabika adalah sebagian koleksi kopi Ngopi Serius. Di kedai dengan old furniture itu ia berharap bisa memiliki 60 jenis kopi di masa mendatang. “Sekarang sudah ramai, makanya saya ngajari orang buat jadi barista yang bisa gantian dengan saya,” ujarnya kepada Terasolo.com. Ngopi Serius mengolah sendiri biji-biji kopi yang disajikan. “Untuk kopi-kopi yang perlu olahan khusus baru kami beli. Sementara kami menggunakan alat-alat manual,” ungkap Adi. Dalam sehari, Ngopi Serius rata-rata meracik 125 cangkir untuk pengunjung.

Seni Minum Kopi

“Kalau saya suka sunda arumanis. Rasanya soft,” ujar Rustam, barista Ngopi Serius saat ditanya Terasolo.com di sela-sela ia membuatkan pesanan. Sunda arumanis adalah jenis kopi arabika yang mempunyai karakteristik rasa asam. “Biasanya, kalau yang pesen cewek, sunda arumanisnya dipisah dengan ampasnya. Kalau tubruk, mereka sering minggirin ampasnya,” tambah Rustam.

Adi berbagi cara menikmati kopi yang benar. “Kita pahami karakteristik kopinya, baru kita bisa menikmati kopinya,” ujarnya tersenyum. Adi juga mengingatkan, penambahan gula pada kopi justru merusak rasa dan karakter kopi. “Sifat dasar kopi yang asam justru semakin asam kalau ditambah gula,” tambah Adi. Bagi pecinta kopi yang memiliki masalah dengan lambungnya, Adi justru menyarankan untuk membiasakan minum kopi. “Tapi takarannya dikurangi dari takaran normal. Dan jangan kopi kemasan. Selain kopi kemasan kopinya tidak segar, juga banyak campuran kimianya,” jelas Adi mengingatkan.

Untuk menikmati satu cangkir kopi di Ngopi Serius, harga dimulai dari Rp10.000 untuk jenis single origins atau kopi murni. Sedangkan coffee blend dipatok harga Rp15.000. Sebagai teman minum kopi, Anda juga bisa memesan menu makanan seperti roti bakar, pisang goreng kipas, kentang lumpur, dan mushroom cheese omelette dengan harga mulai Rp8.000. Ingin serius menikmati secangkir kopi bersama teman? Datanglah ke kedai Ngopi Serius antara pukul 15.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Barista yang ramah siap menyajikan secangkir untuk Anda. Selamat mencoba!