Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

Pentas Ketoprak “PUTRI JOHARMANIK DAWILKASUT EDAN”



Pentas Ketoprak
Pentas Ketoprak

Pentas Ketoprak Balekamabang dengan lakon Putri Joharmanik Dawilkasut Edan akan diselenggarakan pada hari Sabtu 17 Januari 2015 mulai pukul 20.00WIB di Gedung Kesenian Balekambang Solo. Dalam pentas ketoprak kali ini akan mengangkat cerita  berlatar belakang Kerajaan Baghad, dijaman kejayaan raja Badarul Kamari.

Dikisahkan tentang Putri Joharmanik, seorang puteri Kasultanan Negeri Baghdad yang terkenal cantik. Dalam kepergian ayahnya menunaikan ibadah haji ke Mekah, sang putri dititipkan kepada seorang pujangga sekaligus orang kepercayaan dan penasehat spiritual Sultan.

Diluar dugaan, orang kepercayaan Sultan tersebut justru jatuh cinta kepada sang putri. Kepergian Sultan menjadi kesempatan emas bagi pujangga tersebut untuk mengungkapkan cintanya, namun sayang, Putri Joharmanik tidak menanggapi dan menolaknya karena rasa hormat pada penasihat spiritual Sultan tersebut.

Merasa ditolak cintanya, sang pujangga merasa kecewa, sakit hati dan marah. Dengan emosi yang memuncak pujangga tersebut akhirnya berusaha memperkosa Putri Joharmanik, meski usahanya tersebut juga gagal karena kepergok oleh pengawal kasultanan. Untuk menyembunyikan aib, maka pujangga tersebut membunuh pengawal kasultanan dan dengan liciknya membuat surat kepada Sultan yang berisi fitnah. Dengan suratnya ia mengatakan bahwa Juharmanik telah berbuat melebihi batas seorang perempuan dengan meminta sang pujangga yang bernama Lukman Hakim memenuhi hasrat sang putri.

Termakan oleh fitnah dan merasa dipermalukan oleh putrinya, Sultan Baghdad akhirnya memerintahkan kakak Joharmanik yang bernama Joharsat untuk membunuh adiknya, apa yang akan terjadi stelah itu? Bagaimana kelanjutan kisah ini? Silahkan menonton Pentas Ketoprak Balekamabang dengan lakon Putri Joharmanik Dawilkasut Edan hari Sabtu mendatang di Gedung Kesenian Balekambang Solo.

Info acara Pentas Ketoprak Balekamabang :  RONGGO SUKASDI (085229366433)


1 Comment on Pentas Ketoprak “PUTRI JOHARMANIK DAWILKASUT EDAN”

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*