Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

Ruang Seni Padepokan Lemah Putih



Padepokan Lemah Putih - Suprapto Suryodarmo
Suprapto Suryodarmo, pendiri Padepokan Lemah Putih | foto : lemahputih.om

Padepokan Lemah Putih merupakan salah satu ruang kesenian yang didirikan oleh Suprapto Suryodarmo di Kampung Bonorejo, Desa Plesungan Rt 02/ RW 02, Karanganyar. Dirintis pada tahun 1986 lalu sebagai tempat penyelenggaraan program pelatihan dan workshop Joged Amerta.

Padepokan Lemah Putih - Suprapto Suryodarmo
Suprapto Suryodarmo, pendiri Padepokan Lemah Putih | foto : lemahputih.com

Sebagai salah satu institusi seni yang bergerak di berbagai lintas kesenian, Padepokan Lemah Putih berkembang menjadi ruang terbuka yang dapat dimanfaatkan untuk ajang penelitian, kolaborasi karya, program workshop, pelatihan, pameran dan pertunjukan. Selain itu padepokan yang bernuansa pedesaan ini juga sering kali dimanfaatkan untuk penyelenggaraan pertunjukan seni, festival, sharing time maupun seminar.

Program tetap yang diselenggarakan di Padepokan Lemah Putih diantaranya program Lir-Ilir, Macaning, Studi Klub Tari, Temu Mata, Performance Art Laboratory Project, Undisclosed Territory, dan Performance Art Event. Disamping itu juga terdapat beberapa program lainnya seperti  Workshop, Festival Pasar Seni Kumandang, Grebeg Lawu, Festival Panji dan lain-lain.

Dengan program-program yang diselenggarakan, padepokan ini menjadi tempat dimana masyarakat dan seniman bisa menambah wawasan tentang karya-karya seni pertunjukan dan seni rupa termasuk seni media baru dan performance art, tradisional maupun kontemporer dari seniman lokal, Indonesia serta dari mancanegara.

Seperti yang dikutip dari lemahputih.com, Areal dan fasilitas kelengkapan Padepokan Lemah Putih dirancang dengan menyesuaikan pada lingkungan pedesaan sekitarnya dan menyediakan kemungkinan untuk mengembangkan karya seni di alam terbuka. Padepokan Lemah Putih juga menawarkan sebuah acuan pada seni kontemporer di mana lingkungan alam dan sosial, termasuk latar belakang sejarah adalah hal-hal pokok dalam penciptaan karya seni.

Melalui beberapa programnya seperti, festival, performance art event, pameran, penayangan video, workshop, laboratorium kerja, dan proyek interdisiplinari, Padepokan Lemah Putih berusaha mendukung kesenian sekaligus membuka pertukaran pendapat tentang kesenian dan kebudayaan secara luas.

Padepokan Lemah Putih juga menawarkan kesempatan kepada seniman-seniman lokal kota Solo, Indonesia dan mancanegara untuk melakukan pertukaran dan berbagi pengalaman melalui proses penciptaak karya, proyek-proyek konseptual, memberi dan ikut serta berpartispasi dalam workshop dan kegiatan-kegiatan lainnya.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*