Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

Solo 24 Jam Menari, 29 April 2015



Solo-24-Jam-Menari-2015

ISI Surakarta bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan kembali menggelar Solo 24 Jam Menari yang akan dilangsungkan pada hari Rabu, 29 April 2015 di Solo. Gelaran acara untuk memperingati Hari Tari Dunia ini merupakan acara ke-9 yang akan dimeriahkan oleh ratusan seniman tari dari berbagai daerah di Indonesia hingga mancanegara.

Hari Tari Dunia atau yang sering disebut World Dance Day (International Dance Day) merupakan peringatan Hari Tari Internasional yang dirayakan setiap tanggal 29 April setiap tahunnya. Event ini diselenggarakan secara serempak di berbagai belahan dunia sebagai upaya untuk menarik perhatian masyarakat yang lebih luas, khususnya publik baru untuk dapat mengenal dan lebih dekat dengan seni tari. (baca juga : World Dance Day, Peringatan Hari Tari Sedunia)

Melansir dari situs Solopos.com, Koordinator Divisi Sosial Media – Panitia Solo 24 Jam Menari 2015, Ferdian, mengatakan pendaftaran peserta World Dance Day 2015 sudah ditutup, Senin (9/3/2015). Terdapat sejumlah 116 peserta atau kontingen yang mendaftar dan menyanggupi untuk tampil dalam Solo 24 Jam Menari.

“Peserta sekarang sudah tercatat sudah 116 kontingen. Sebenarnya, masih ada banyak lagi peserta yang akan masuk tapi kami terpaksa tutup hari ini [kemarin]. Selain membutuhkan waktu terlalu panjang, kami khawatir tidak cukup tempat [jika terlalu banyak peserta] saat pentas,” kata Ferdian saat dijumpai solopos.com di kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Senin.

Ferdian menjelaskan panitia bakal menampung paling banyak 120 peserta. Menurut dia, pihaknya mulai menjaring peserta yang sudah ada dengan melihat kelayakan masing-masing untuk tampil dalam Solo 24 Jam Menari.

“Peserta dari luar Solo banyak. Mereka juga datang dari luar pulau [Jawa], seperti Kalimantan, Palembang. Selain itu, kontingen dari Malaysia dan Singapura juga medaftarkan diri untuk bergabung dalam even tahunan itu. Namun, memang seperti pada tahun-tahun sebelumnya, peserta paling banyak berasal dari Bandung,” jelas Ferdian.

Menurut Ferdian, animo peserta Solo 24 Jam Menari pada tahun ini lebih banyak dibanding 2014 lalu. Pada tahun lalu, jadwal pendaftaran peserta baru ditutup bulan April.

“Tahun lalu jumlah peserta 132 kontingen. Sekarang diperkecil menjadi 120 kontingen karena berbagai pertimbangan. Namun, berdasarkan jumlah pendaftar, pada tahun ini ada sekitar 300 email pendaftar masuk. Sebagian dari mereka tidak bisa mengembalikan berkas kesanggupan tampil karena saat ini sudah memenuhi kuota,” terang dia.

Solo 24 Jam Menari merupakan acara pertunjukan tari yang dilaksanakan selama 24 Jam dimulai sejak  pukul 06.00 wib hingga hari berikutnya pukul 06.00 wib. Event yang diselenggarakan oleh ISI Surakarta bekerja sama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menjadi tontonan menarik bulan april 2015 di Solo.

Ayo ke Solo…


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*