Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

Sura Bulan Kebudayaan 2015 Siap Digelar Di Solo

Sura Bulan Kebudayaan



sura bulan kebudayaan 2015
sura bulan kebudayaan 2015

Sura Bulan Kebudayaan akan kembali digelar mulai tanggal 13 Oktober 2015 s/d 14 November 2015 di area Museum Radya Pustaka dan tempat-tempat strategis lainnya di Solo Raya. Event tahunan yang mengambil tema “Sala Adi Kampung” ini diselenggarakan oleh Komite Museum Radyapustaka bekerja sama dengan Komunitas Mitra Museum Surakarta dan Pemerintah Kota Surakarta.

Event budaya yang digelar selama satu bulan penuh ini akan melibatkan ratusan seniman dan seniwati dari berbagai kota di Indonesia dan mancanegara. Selain akan menggelar berbagai acara pertunjukan seni, dalam event ini juga terdapat beberapa agenda forum diskusi, workshop, aneka lomba dan juga doa bersama dalam bentuk acara umbul donga.

Sebagai sebuah event untuk menyambut datangnya awal tahun baru Jawa, Sura Bulan Kebudayaan 2015 yang digelar di bulan Sura ini diharapkan dapat menjadi wahana kreasi tahunan bagi masyarakat Surakarta dan sekitarnya. Selain itu, acara ini digelar dengan tujuan untuk mewujudkan Museum Radaya Pustaka sebagai ruang bagi tumbuhkembangnya seni budaya lokal sebagai aset bangsa yang harus dipertahankan keberadaannya. Dengan mengambil tema Sala Adi Kampung, acara ini diharapkan akan mampu menumbuhkan kembali rasa bangga bagi masyarakat Jawa terhadap budaya lokal melalui aktivitas kampung.

Bulan Sura sebagai awal tahun Jawa telah dianggap sebagai bulan yang sakral atau suci terutama bagi masyarakat Jawa, bulan yang tepat untuk melakukan renungan, tafakur, dan introspeksi untuk lebih mendekatkan diri dengan Sang Pencipta. Terlepas dari mitos yang beredar dalam masyarakat Jawa berkaitan dengan bulan Sura, harus diakui bersama bahwa introspeksi menjelang pergantian tahun memang sangat diperlukan agar lebih bisa mawas diri.

Seperti halnya dengan perayaan tahun baru lainnya yang selalu dirayakan secara meriah (imlek, masehi, muharam), Surakarta sebagai Kota Budaya dengan berbagai potensi seni dan tradisi Jawa yang ada, mestinya bisa lebih memanfaatkan Bulan Sura sebagai moment penting untuk lebih ‘kreatif’ dalam berproses mencipta beragam karya seni yang berbasis budaya lokal. Pergantian tahun baru Jawa yang biasanya lebih identik dengan ‘kegiatan ritual’ bagi para orang tua ini, kini telah menjadi milik semua generasi untuk lebih produktif dan kreatif dalam berkarya tanpa meninggalkan esensi Sura sebagai bulan meditative itu sendiri.

Harapan untuk ke depannya adalah Tahun Baru Sura tidak lagi hanya milik sekelompok orang/daerah saja, namun akan menjadi milik kita bersama seperti halnya tahun baru- tahun baru lainnya. Dengan demikian harapan untuk menjadikan Sura sebagai Bulan Kebudayaan tidak lagi hanya sekedar slogan namun benar-benar telah terwujud.

Alamat Kesekretariatan:

Museum Radya Pustaka

Jl. Brigjen Slamet Riyadi No. 276 Surakarta, Telp. 0271 712306

Download AGENDA ACARA SURA BULAN KEBUDAYAAN 2015

 


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*