Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

Tempat Wisata Boyolali Yang Wajib Dikunjungi

tempat wisata boyolali gunung merapi dan merbabu
Gunung Merapi dan Merbabu (foto: Wikipedia.org)

Berwisata ke Solo, akan lebih lengkap jika Anda juga mengunjungi beberapa tempat wisata Boyolali, salah satu kabupaten yang terletak di sebelah barat Kota Surakarta. Dulunya Kabupaten Boyolali ini tergabung dalam wilayah Karesidenan Surakarta.

Hingga saat ini Boyolali dikenal sebagai penghasil susu sapi, hal ini tak lepas dari peran sebagian warga masyarakatnya yang bekerja sebagai peternak sapi perah. Hasil dari perahan tersebut, selain bisa dijual ke perusahaan susu biasanya juga dijual langsung ke warung-warung susu segar yang biasa dijajakan di pinggir jalan.

Sebagai wilayah yang didominasi oleh daerah pedesaan, Kabupaten Boyolali memiliki potensi pariwisata cukup banyak. Mulai dari wisata alam, Agrowisata, wisata spiritual, maupun tempat wisata buatan yang layak dikunjungi. Selain itu di Boyolali juga terdapat beberapa obyek wisata sejarah yang memiliki kaitan erat dengan Keraton Surakarta.

Berikut kami sajikan tempat- tempat wisata Boyolali yang wajib Anda kunjungi :

1. Wisata Alam di Boyolali

Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

Tempat Wisata Boyolali Gunung Merapi dan Gunung Merbabu Jawa Tengah
Gunung Merapi dan Gunung Merbabu (Foto : www.worldtravelserver.com)

Salah satu tempat wisata Boyolali yang menjadi tujuan utama para wisatawan saat ini adalah wisata alam di Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Kedua gunung ini terletak tepat di sebelah barat Kota Kabupaten Boyolali, untuk mengakses kedua gunung ini bisa melalui pos pendakian yang berada di Kecamatan Selo, kota kecil yang terletak diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Jika Anda berangkat dari Kota Solo, untuk menuju Kecamatan Selo hanya membutuhkan waktu sekitar 2 Jam. Dari pos pendakian Selo, menuju puncak merapi membutuhkan waktu sekitar 4 jam.

Untuk menuju puncak Merbabu membutuhkan waktu sekitar 8 jam. Jalur Selo ini memang dijadikan sebagai jalur wisata yang menghubungkan wisata Kota Solo, Kecamatan Selo dan Candi Borobudur di Magelang.

Air Terjun Kedung Kayang

Tempat Wisata Boyolali air terjun kedung kayang
Air terjun Kedung Kayang (foto: wisatawonolelo.wordpress.com)

Air terjun Kedung Kayang terletak menjadi salah satu tempat wisata Boyolali yang berada di kawasan jalur wisata SBB (Solo-Selo-Borobudur), berada pada ketinggian 950 dari permukaan laut. Air Terjun ini berasal dari alur Sungai Pabelan, memiliki ketinggian sekitar 39 m dengan posisi kemiringan tebing 80 derajat

Air terjun ini secara administratif terletak di perbatasan antara Kabupaten Magelang dan Boyolali, yaitu berada diantara Desa Klakah, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali dan Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Magelang. Lokasi Air Terjun Kedung Kayang yang terletak di antara Gunung Merbabu dan Merapi ini, memiliki udara sejuk dan pemandangan indah dengan aliran air terjun yang cukup deras.

2. Waduk dan Bendungan di Boyolali

Selain wisata gunung dan air terjun, di Boyolali juga terdapat wisata air yang berupa waduk dan bendungan. Selain digunakan sebagai irigasi pertanian, waduk dan bendungan ini juga dijadikan sebagai tempat wisata Boyolali yang banyak dikunjungi.

Waduk Badhe

Tempat Wisata Boyolali Waduk Badhe Boyolali
Waduk Badhe Boyolali (Foto: slamsr.com)

Di sebelah utara wilayah Kabupaten Boyolali terdapat Waduk Badhe yang terletak di Desa Badhe, Kecamatan Klego Boyolali. Waduk Badhe dibangun untuk keperluan irigasi, perikanan dan juga sebagai tempat wisata bagi masyarakat Boyolali dan sekitarnya.

Waduk Cengklik

Tempat Wisata Boyolali Waduk Cengklik
Waduk Cengklik Boyolali (foto : panduanwisata.id)

Waduk Cengklik merupakan tempat wisata Boyolali yang terletak di Dukuh Cengklik, Desa Sobokerto, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah. Destinasi Wisata di Boyolali ini ramai dikunjungi para wisatawan pada hari Minggu dan hari libur.

Jaraknya yang dekat dengan Kota Solo, menjadikan waduk ini sebagai tempat faforit para pemancing. Di tempat ini juga tersedia warung-warung makan yang menyediakan menu berupa ikan air tawar, bahkan beberapa warung buka hingga tengah malam menyajikan menu makanan bagi para pemancing. (Baca juga : Wisata Waduk Cengklik Boyolali)

Waduk Kedung Ombo

Tempat Wisata Boyolali Waduk Kedungombo Boyolali
Waduk Kedungombo (Foto: setkab.go.id)

Waduk Kedung Ombo meruakan tempat wisata yang terletak di tiga kabupaten sekaligus, yakni di Kabupaten Boyolali, Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Sragen. Wilayah waduk yang masuk daerah Boyolali adalah Desa Wonoharjo di Kecamatan Kemusu. Waduk Kedung Ombo juga menjadi salah satu tempat favorit para pemancing untuk berburu ikan air tawar.

Bendungan Sidorejo

Tempat wisata Boyolali yang berupa Bendungan Sidorejo terdapat di Desa Ngleses, Sidorejo, Kecamatan Juwangi Kabupaten Boyolali. Hampir sama dengan waduk lainnya, bendungan Sidorejo juga difungsikan sebagai sarana irigasi dan tempat wisata. Karena pemandangannya yang indah, banyak wisatawan lokal yang melepas penat di area bendungan ini.

Akses lokasi yang jauh dari jalan raya, menyebabkan Bendungan Sidorejo menjadi tempat wisata tersembunyi di Boyolali.

3. Wisata Pemandian di Boyolali

Wisata Tlatar

Tempat Wisata Boyolali Pemandian Tlatar Boyolali
Pemandian Tlatar Boyolali (foto: amellitaelysia06.blogspot.co.id)

Wisata air Tlatar terletak di Dukuh Tlatar Desa Kebonbimo, Kabupaten Boyolali. Di tempat wisata Boyolali ini terdapat 2 buah pemandian dengan mata air yang jernih. Karena kejernihannya ini, maka salah satu umbul (mata air besar) ini dinamai dengan Umbul Pengilon, yang berarti tempat untuk bercermin. Sedangkan mata air satunya dinamakan dengan Pemandian Umbul Asem.

Wisata Pemandian Umbul Tlatar, paling ramai dikunjungi saat menjelang Bulan Ramadhan, yaitu pada saat digelarnya acara tradisi berupa “Padusan”. Istilah padusan ini muncul dari kalangan umat Islam yang ingin mensucikan diri dalam memasuki Bulan Suci Puasa.

Selain hari-hari menjelang bulan puasa, tempat wisata Boyolali ini juga banyak dikunjungi wisatawan lokal pada hari minggu dan libur. Menu hidangan ikan air tawar ada di tempat wisata ini, para pengunjung juga bisa memancing ikan sendiri. (Baca juga : Pemandian Tlatar Boyolali, Nikmati Wisata Air dan Kulinernya)

Pemandian Umbul Pengging

Tempat Wisata Boyolali Pemandian Umbul Pengging Boyolali
Pemandian Umbul Pengging (foto: kacamatawisata.blogspot.co.id)

Pemandian Umbul Pengging merupakan tempat wisata Boyolali yang terletak di Desa Pengging, Kecamatan Banyudono Kabupaten Boyolali. Di tempat ini terdapat beberapa pemandian yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk mandi berenang dan ada juga yang digunakan sebagai tempat tirakat bagi orang Jawa.

Terdapat tiga umbul alami di pemandian Tirto Marto Pengging ini, yakni Umbul Ngabean, Umbul Temanten dan Umbul Dudo. Kolam pemandian Tirto Marto dulu dibangun oleh Raja Kasunanan Surakarta, Sinuwun Pakubuwono X yang dulunya difungsikan sebagai tempat bersantai raja dan keluarganya.

Selain berupa umbul (mata air), di Pengging juga terdapat beberapa situs sejarah yakni  Masjid Cipto Mulyo dan Makam R. Ng. Yosodipuro. (Baca juga : Pengging Boyolali, Tempat Wisata Alam, Budaya dan Sejarah)

4. Agrowisata Boyolali

Sapi Perah Cepogo

Tempat Wisata Boyolali Agrowisata Sapi Perah Cepogo
Agrowisata Sapi Perah Cepogo (ilustrasi foto: Solopos.com)

Produk susu sapi segar yang beredar di wilayah Solo Raya kebanyakan dipasok dari wilayah Boyolali, salah satunya dari Kecamatan Cepogo. Terkenal dengan penghasil susu sapi terbaik, di Kecamatan Cepogo kini dikembangkan agrowisata dimana para wisatawan yang datang bisa belajar dan menambah wawasan tentang budidaya sapi perah.

Di Agrowisata susu sapi Cepogo, para pengunjung dapat melihat langsung proses budidaya sapi perah. Para pengunjung juga bisa langsung mencoba memerah susu sapi sekaligus mencicipinya sesudah dimasak.

Kampung Lele Boyolali

Tempat wisata boyolali kampung lele tegalrejo
Kampung Lele (foto : pengusahamuslim.com)

Agrowisata lain yang dikenal di Boyolali adalah Kampung Lele, terletak di desa Tegalrejo, Mangkubumen ,kecamatan Sawit, kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Desa Tegalrejo dicanangkan menjadi Kampung Lele pada bulan 2006 lalu oleh Gubernur Jawa Tengah Mardiyanto.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sempat berkunjung ke kampung ini pada Februari 2007 silam. Di Kampung lele pengunjung dapat belajar langsung budidaya ikan lele serta melihat pengolahan ikan lele menjadi berbagai masakan serta menjadi abon lele.

Tempat wisata Boyolali – Desa Wisata Samiran

Tempat wisata boyolali Desa Wisata Samiran
Desa Wisata Samiran

Desa Wisata Samiran merupakan salah satu tempat wisata Boyolali yang terletak di Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali, berada di antara kaki Gunung Merapi dan Merbabu. Udara yang sejuk, kehidupan masyarakatnya yang ramah, seni tradisi yang masih tetap dipertahankan dan pertanian yang berkembang menjadikan desa ini sebagai desa wisata unggulan di daerah Solo Raya.

Beberapa paket wisata di Desa Wisata Samiran cukup banyak, sangat cocok jika ingin menghilangkan penat karena rutinitas bekerja, apalagi jika berkunjung secara berkelompok(Baca juga : Desa Wisata Samiran, Nuansa Pedesaan di Kaki Gunung)

5. Wisata Ziarah di Boyolali

Makam R. Ng. Yosodipuro

R. Ng. Yosodipuro merupakan seorang pujangga besar yag berasal dari keluarga Kerajaan Mataram. Ada brbagai macam karya beliau yang sampai saat ini masih terkenal. Beberapa karya beliau adalah Serat Rama yang merupakan saduran dari Kakawin Ramayana, Serat Bratayuda yang merupakan saduran dari Kakawin Bharatayuddha, Serat Mintaraga yang merupakan saduran dari Kakawin Arjuna Wiwaha serta Serat Arjuna Sasrabahu yang merupakan saduran dari Kakawin Arjuna Wijaya.

R. Ng. Yosodipuro wafat pada 1802 dan kemudian dimakamkan di Pengging, berdekatan dengan Pemandian Pengging Boyolali. R. Ng. Yosodipuro memiliki cicit bernama Ranggawarsita. Ranggawarsita inilah yang mewarisi kepujanggaan Yasadipura dari kakeknya, Yasadipura II.

Makam Ki Ageng Kebo Kenanga

Ki Ageng Kebo Kenongo adalah cucu dari Prabu Brawijaya V yang merupakan raja terakhir dari Kerajaan Majapahit. Kebo Kenongo bermukim di daerah Pengging Boyolali, maka beliau dijuluki juga dengan Ki Ageng Pengging. Ki Ageng Pengging memiliki Putra Joko Tingkir yang di kemudian hari menjadi Sultan di Kerajaan Pajang bergelar Sultan Hadiwijoyo. Makam Ki Ageng Kenongo juga berdekatan dengan Pemandian Pengging.

Petilasan Kebo Kanigoro

Kebo Kanigoro merupakan seorang prajurit Kerajaan Demak yang dikejar oleh Kompeni Belanda  menghilang secara misterius di tempat ini. Menurut cerita lubang tempat menghilang Kebo Kanigoro yang terletak di dusun Dukuh ini tembus sampai ke pantai laut selatan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*