Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Waduk Gajah Mungkur
Waduk Gajah Mungkur | foto: wonogirikab.go.id

Waduk Gajah Mungkur merupakan salah satu obyek wisata yang ada di Kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Taman Rekreasi ini terletak di sebelah selatan Kota Wonogiri berjarak sekitar 7 Km dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit dengan kondisi jalan mulus.

Waduk Gajah Mungkur
Waduk Gajah Mungkur | foto: wonogirikab.go.id

Di sekitar waduk Gajah Mungkur kini telah dibangun Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur, di area waduk yang memiliki luas wilayah kurang lebih 8800 ha di 7 kecamatan ini juga dikembangkan Agrowisata berupa pembudidayaan berbagai jenis ikan tawar.

Berbagai fasilitas yang ada di Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur dintaranya ; Taman Satwa, Kolam Renang ( Tarif 4.000,- per orang ), Mainan anak-anak ( Tarif  Rp. 3.000,- per orang ), Jet sky, Perahu ( Tarif Rp.6.000,-/ orang sesuai route ), Sepeda air ( Tarif Rp.5.000,- per orang ), Sarana olah raga gantole, Rumah makan terapung (karamba), Tempat ibadah, Toilet, Tempat Parkir, Kereta Kelinci (Tarif Rp 3.000,-/ perjalanan ) dan Tiket Naik Gajah Rp 5.000,-/ per orang sesuai route.

Setiap Hari Raya Idul Fitri selama dua minggu di Obyek Wisata/Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur juga diadakan event pariwisata Gebyar Gajah Mungkur, adapun kegiatan yang digelar dalam ajang ini yaitu pentas kesenian selama dua minggu.

Indahnya-Waduk-Gajahmungkur
Indahnya Waduk Gajah Mungkur | foto: infowonogiri.com

Event pariwisata Gebyar Gajah Mungkur biasanya dikunjungi tidak kurang oleh 100.000 pengunjung. Gebyar Gajah Mungkur ditutup dengan atraksi budaya Sedekah Bumi yaitu berupa upacara ritual yang dilaksanakan oleh Bupati Wonogiri dengan menyebar ketupat kepada pengunjung, setelah penyebaran ketupat dilanjutkan dengan atraksi tari-tarian tradisional di Obyek Wisata Sendang Asri.

Waduk Gajah Mungkur dibuat dengan membendung sungai terpanjang di pulau Jawa yaitu sungai Bengawan Solo. Mulai dibangun pada akhir tahun 1970-an dan mulai beroperasi pada tahun 1978. Waduk ini bisa mengairi sawah seluas 23600 ha di daerah Sukoharjo, Klaten, Karanganyar dan Sragen. Selain untuk memasok air minum Kota Wonogiri juga menghasilkan listrik dari PLTA sebesar 12,4 MegaWatt.

Untuk membangun waduk ini pemerintah memindahkan penduduk yang tergusur perairan waduk dengan transmigrasi bedol desa ke Sitiung, wilayah Provinsi Sumatera Barat.

TIKET MASUK :
Hari biasa : Rp 5.100,-
Hari Libur/besar/.Minggu : Rp 7.600,-
Paket Lebaran : Rp 9.100,-

TIKET MASUK KENDARAAN :
Bus/ Truck : Rp. 10.000,-
Mini Bus : Rp. 5.000,-
Roda 4 : Rp. 3.000,-
Roda 2 : Rp. 1.000,-

Untuk menginap dii sekitar Taman Rekreasi Waduk Gajah Mungkur terdapat beberapa hotel melati, diantaranya :
Larasati Hotel
Desa Kedung Areng, Wonogiri
Telepon: 0273-32315
Hotel Sidodadi
Desa Kedung Areng, Wonogiri
Telepon: 0273-325415

1 Comment on Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*