X
    Categories: Event

Wayang Kolosal Nusantara Siap Digelar Di Boyolali

Festival Budaya Merti Desa 2017

Wayang Kolosal Nusantara dengan lakon Payung Agung Songsong Tunggul Naga akan digelar di acara Festival Budaya Merti Desa 2017 di Desa Pentur, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Pertunjukan wayang kulit yang akan dibawakan oleh 11 (sebelas) dalang muda ini akan berlangsung pada tanggal 13 Agustus 2017 pukul 20.30 WIB – Selesai.

Merti Desa atau yang sering disebut Metri Desa atau Bersih Desa, merupakan gelaran acara seni tradisi yang sudah berlangsung rutin setahun sekali secara turun-temurun di Desa Pentur, Simo, Boyolali. Pertunjukan Wayag Kulit selalu menjadi ikon penting disetiap gelaran budaya ini. Acara bersih desa sejak dulu diselenggarakan dalam rangka untuk mensyukuri segala karunia Tuhan YME yang telah diberikan kepada masyarakat desa. Di beberapa daerah, acara Merti Desa juga dijadikan sebagai tanda suka cita atas panen raya yang telah dilaksanakan.

Rangkaian Acara Festival Budaya Merti Desa 2017

Nuansa khas pedesaan akan mewarnai kegiatan Festival Budaya Merti Desa 2017. Dengan mengangkat tajuk “Jago Jaga Desa”, rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya adalah :

  1. Pameran Seni dan UMKMKarya seni visual akan menghias festival ini. Dengan dipajangnya karya foto, lukisan, Produk kerajinan UMKM hasil kreativitas warga juga akan melengkapi “pasar” seni ini.
  2. Bazar Kuliner. Kuliner khas pedesaan masa lalu akan menjadi menu istimewa dalam event Festival Budaya Merti Desa 2017. Berbagai makanan yang dibuat dari bahan-bahan alami hasil bumi ini akan membawa pengunjung pada suasana romantisme masa lalu.
  3. Layar Tancap. Karya-karya audi visual yang menghibur dan mendidik juga akan menjadi hiburan menarik bagi warga. Beberapa film dokumenter bertema lingkungan yang dibuat warga Desa Pentur dan film lain dari luar daerah akan diputar sebagai sarana kampanye tentang ketahanan pangan di Indonesia.
  4. Tradisi Kenduri Merti Desa, atau yang sering disebut sebagai sedekah bumi merupakan acara warisan leluhur yang dijadikan sebagai sarana rasa syukur kepada Tuhan YME atas semua berkah panen raya para petani desa. Sebelum dilaksanakan kenduri biasaya warga desa melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan, sumber-sumber mata air, dan juga makam leluhur.
  5. Kirab Budaya. Merupakan kirab gunungan yang berisi hasil bumi dan karnaval budaya yang dilakukan oleh warga Desa.
  6. Pertunjukan SeniGelaran event yang dilaksanakan selama dua hari ini akan disuguhkan berbagai macam pertunjukan seni tradisional dan seni modern. Adapaun pertunjukan seni yang akan disajikan kuda lumping dan pertunjukan wayang kulit 11 dalang Wayang Kolosal Nusantara sebagai puncak acara.

Info lengkap : mertidesa.com