Portal wisata Solo Raya, budaya jawa, info belanja di kota Solo>

Upacara Sekaten Solo 2015



Upacara Sekaten Solo yang sudah menjadi tradisi tahunan di Kota Surkarta kembali digelar pada tanggal 11 Desember 2014 sampai tanggal 4 Januari 2015.  Rangkaian acara ritual Grebeg Maulud ini diselenggarakan dalam rangka peringatan Maulud Nabi Muhammad SAW di Alun-alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta.

Sebagaimana dengan acara Sekaten Solo di tahun-tahun sebelumnya, perayaan di tahun 2014 ini juga dimeriahkan dengan berbagai hiburan dan jajanan khas sekaten.

Pertunjukan musik, tong setan, kemidi putar, rumah hantu dan lain sebagainya, bisa ditemui selama sebulan penuh dalam gelaran pasar malam Sekaten. Di setiap malam, para pengunjung dapat jalan-jalan menikmati pasar malam sambil berbelanja bersama keluarga. Terdapat 500-an pedagang siap menanti para pengunjung di gelaran budaya ini. (baca artikelnya : Sekaten, Pesta Rakyat Menjelang Maulud Nabi)

SEKATEN-Solo
Gamelan sekaten

Gamelan Sekaten Solo yang terkenal dengan nama Kyai Guntur Sari dan Kyai Guntur madu akan mulai ditabuh di halaman Masjid Agung Surakarta pada tanggal 27 Desember 2014 mendatang.

 



Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*